Pekan ini Kasasi Sukiman Azmy di Limpahkan Ke Pengadilan Tipikor

Nazam   |   Hukum  |   Selasa, 22 Agustus 2017 - 14:01:07 WIB   |  dibaca: 58 kali
Pekan ini Kasasi Sukiman Azmy di Limpahkan Ke Pengadilan Tipikor

Mantan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor PN Mataram, Selasa1 Agustus 2017. [ KaBer ]

KABAR BERITA, Mataram – Pekan ini Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat (Kejati ) NTB, akan menyerahkan memori kasasi perkara yang membebaskan mantan Bupati Lombok Timur periode 2008-2013, H. M . Sukiman Azmy ke pengadilan.

"Permohonan kasasinya sudah kita ajukan tinggal menyerahkan memori kasasinya" ujar Kasi Penkum dan Humas Kejati NTB Dedi Irawan di Mataram, Selasa ( 22/8/2017 ).

Dedi mengatakan, terkait dengan memori kasasinya pihaknya mengaku telah merampungkan seluruh materinya.

“Sebenarnya materi memori kasasinya sudah rampung, tinggal menunggu kesiapan dari tim jaksa untuk melimpahkan ke pengadilan, saja” ujar Dedi.

Lebih jauh Dedi menjelaskan, Pengajuan kasasi terhadap perkara mantan Bupati, Sukiman Azmy, berdasarkan adanya perbedaan pandangan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati NTB yang mewakili Jaksa Penutut Umum (JPU) dengan putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Mataram yang memimpin sidang Sukiman Azmi saat itu.

Salah satunya berkaitan dengan pengembalian Rp1,5 miliar, uang yang disebut sebagai jaminan investor (PT iPasar Indonesia) untuk mendapat izin dalam pengelolaan sistem resi gudang (SRG) di Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

Terkait dengan hal itu, Aspidsus Kejati NTB tetap melihatnya sebagai kasus dugaan penyuapan. Karena menyebut untuk uang jaminan investor itu muncul setelah kasusnya dibongkar oleh KPK dan dilimpahkan ke Kejati NTB.

Seharusnya uang jaminan dari pihak investor tidak langsung disetorkan ke kas peribadi pemerintah daerah selaku pejabat negara ( kas pribadi Bupati red) karena hal itu terjadi maka menyalahi prosedur penanaman modal atau investasi usaha didaerah. [ KaBer/001 ]

Profil Nazam

Nazam


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook