Suhaili - Amin Diklaim Paling Diperhitungkan

Kabar Berita   |   Politik  |   Kamis, 26 Oktober 2017 - 12:03:25 WIB   |  dibaca: 361 kali
Suhaili - Amin Diklaim Paling Diperhitungkan

Aktifis dan penggiat politik, Syamsul Hadi ( Foto : KaBer / ist )

KABARBERITA.CO.ID - Partai koalisi pendukung kandidat pasangan calon (paslon) Pilkada NTB, Suhaili-Amin tidak didukung koalisi parpol yang gemuk. Namun begitu, paslon ini dianggap paling diperhitungkan dari banyak paslon yang ada.

Aktivis dan pegiat sosial politik NTB, Syamsul Hadi mengatakan, dari konfigurasi peta pertarungan politik yang berkembang, ada tiga kandidat paling diperhitungkan. Ketiga kanidat tersebut adalah Ali BD, Suhaili dan Ahyar Abduh.

“Yang lain mungkin sekedar penggembira. Karena ketiga kandidat inilah yang paling nyata memiliki kans bertarung,” ucapnya, baru baru ini..

Ali BD diperhitungkan, jelasnya, karena yang bersangkutan tengah menjabat sebagai bupati Lombok Timur (Lotim). Di lain sisi, sosok politisi gaek ini disebutnya sedang menghadapi pertarungan pamungkasnya.

Ali dikatakan menjalani pertarungan pamungkas lantaran sudah disandera usia. Jika yang bersangkutan tidak mencalonkan diri pada pilkada ini, praktis pada pilkada berikutnya tidak akan mencalonkan diri.

Di lain sisi, Ali BD dianggap sedang memimpin daerah dengan penduduk terbesar. Dimana jumlah pemilih yang akan menjadi lumbung suara di Pilkada NTB ada di Lotim.

Hal sama juga dengan Suhaili, Syamsul menyebut, sosok ini tengah menjabati posisi sebagai di Lombok Tengah (Loteng). Di masa kepemimpinan sosok ini, telah banyak kemajuan daerah yang dipimpinnya.

Akan halnya dengan Ahyar Abduh, pria yang karib dipanggil Syamsul Garda ini menyebutkan bahwa sosok Walikota Mataram tersebut memiliki rekam jejak politik yang mulus.

Berbekal pengalaman itu paling tidak bisa menumpukan harapan masyarakat NTB di masa dating.
Hanya saja khusus untuk Suhaili, bebernya, kelebihan yang dimiliki melebihi dua kompetitor lainnya. Yang bersangkutan meski menjadi bupati Loteng, tapi memiliki pertalian darah dengan warga Lombok Timur (Lotim).

“Konon informasi yang saya terima bahwa Suhaili itu keturunan Masbagik nenek moyangnya. Tapi karena ikut membantu perjuangan penjajahan Praya oleh Bali di masa lalu, nenek moyang Suhaili memilih menetap di Loteng,” tegasnya.

Katanya, apa yang dilontarkan ini cukup realistis. Bagaimana pun bahwa Pilkada NTB ini tetap melihat sisi terah (garis keturunan) masing-masing calon. Pemilih di dua kabupaten ini, Lotim dan Loteng disebutnya menjadi penentu kemenangan masing-masing kandidat.

Selain kelebihan itu, jelasnya, Syamsul juga mengupas dari pendamping masing-masing tokoh tersebut. Ahyar Abduh misalnya, yang didampingi Mori Hanarfi dianggap relatif sebagai pendatang baru dalam pertarungan politik Pilkada NTB. Sementara Ali BD jika salah menentukan pendamping disebutnya akan ditinggalkan pemilih yang menjadi basisnya, di Lotim.

“Nah, pendampingnya Pak Suhaili ini sudah sangat tepat dengan mengambil Pak Amin,” ucapnya.
Sosok Amin dianggap tepat lantaran yang bersangkutan tercatat sebagai petahana. Dengan posisinya saat ini, relatif pergerakan politik yang dibangun lebih luwes. Di samping itu, Amin dianggap sebagai sosok yang tidak “neko-neko”.

Dari banyak calon wakil yang ada, sebutnya, Amin yang menjadi wakil gubernur NTB saat ini dianggap paling menentukan kekuatan calon yang bertarung. Ini karena jejak politik Amin selama memimpin NTB bersama TGB dianggap cukup harmonis dan jauh dari friksi konflik.

“Kalau Ali BD salah mengambil calon, bisa dipastikan yang bertarung adalah Suhaili-Amin dan  Ahyar-Mori. Sebaliknya, jika Ali BD mengambil wakil yang tepat, yang bertarung adalah Suhaili-Amin dan Ali-BD. Yang jelas Suhaili-Amin ini paling diperhitungkan,” tegasnya.

Apa yang dilontarkan Syamsul Garda ini rupanya mendapat apresiasi dari tim pemenangan Suhaili-Amin, Hasan Massat. Menurutnya, masyarakat sudah cukup bijak menilai kepantasan masing-masing calon. Karena itu, paket Suhaili-Amin disebut memiliki kans besar memenangkan pertarungan.

Tak hanya itu, Hassan yang juga aktivis Partai Golkar NTB ini membocorkan dalam waktu dekat aka nada sejumlah kejutan dar Suhaili-Amin. Salah satunya yakni akan banyak warga NTB yang akan mendeklarasikan diri memilih calon tersebut.

“Kemungkinan deklarasi dukungan dari berbagai pihak akan bermunculan sekitar bulan November nanti,” bebernya. ( Kbr/11 )

 

Profil Kabar Berita

Kabar Berita

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

toilet cubicle
07 November 2017 - 11:31:36 WIB

My brother recommended I may like this website.
He used to be totally right. This publish actually made my day.
You cann't believe simply how a lot time I had spent for this
info! Thanks!

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook