Berkunjung Ke Ponpes NW Pancor dan Anjani, Jokowi Berpesan Jaga Persatuan

Kabar Berita   |   Nasional  |   Kamis, 23 November 2017 - 19:48:51 WIB   |  dibaca: 104 kali
Berkunjung Ke Ponpes NW Pancor dan Anjani, Jokowi Berpesan Jaga Persatuan

KABARBERITA.CO.ID -- Presiden Jokowi mengunjungi Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) dan Pondok Pesantren Darunahdlatin Nahdlatul Wathan Pancor.

Pertama, Jokowi mengunjungi Ponpes Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) yang dipimpin oleh Umi Hajah Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Majid. Dalam pidatonya Jokowi berpesan agar jangan sampai ada sesuatu hal - hal yang membuat perpecahan terjadi. 

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan dia sudah cukup lama ingin berkunjung di Ponpes Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani ini. Terlebih sebelumnya, kata Jokowi, Pimpinan Ponpes NW Anjani, Ummi Hj Sitti Raihanun, sudah tiga kali berkunjung dan bersilaturrami menghadap Presiden di Istana Negara di Jakarta.

Terakhir kali Ummi Hj Sitti Raihanun berkunjung ke Istana Negara, ungkap Presiden, adalah pada 9 November 2017, saat pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan Nasional kepada Maulana Syaikh, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur hari ini diberi kesempatan untuk bisa bersilaturrahmi dengan pengurus besar NW Anjani. Berarti kunjungan pertama ini merupakan balasan atas kunjungan pimpinan NW Anjani sebelumnya," katanya. 
Didepan para santri Jokowi berpesan untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathoniyah.

"Jangan sampai ada perpecahan lantaran sesuatu hal. Kita ingin seluruh warga negara bersatu, karena kita semua bersaudara". kata Jokowi di Anjani, Kamis (23/11/2017).

Terpisah,  di  Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain ( YPH-PPD)  NW Pancor, Kelurahan Pancor Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, dibawah dipimpinan Hajah Sitti Rauhun, ibunda Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi, Presiden juga menyampaiakn pesan agar seluruh pihak untuk menjaga persaudaraan yang kuat sehingga bisa menjaga dan merawat NKRI hingga akhir zaman.

Nahdlatul Wathan (NW) sendiri adalah organisasi Kemasyarakatan Islam terbesar di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Organisasi ini didirikan di Pancor, Kabupaten Lombok Timur, dirintis oleh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid yang dijuluki Tuan Guru Pancor serta Abul Masajid wal Madaris (bapaknya masjid-masjid dan madrasah-madrasah) yang juga merintis pendirian pondok pesantren Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) yang secara khusus menerima murid dari kalangan laki-laki. Lalu pada tanggal 15 Rabi'ul Akhir 1362 H. / 21 April 1943 M., beliau mendirikan Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah (NBDI) khusus perempuan.

Namun hingga saat ini NW sebagai organisasi massa terbesar di NTB, masih terpecah menjadi dua kubu. Salah satu kubu disebut dengan NW Pancor yang menunjukkan lokasi kantor pusatnya yang terletak di Pancor, Lombok Timur, dan kubu berikutnya disebut sebagai NW Anjani karena lokasi pusat gerakannya berada di Anjani, Lombok Timur. [ kbr/10 ]

Profil Kabar Berita

Kabar Berita


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook