Geevv Mesin Pencari Buatan Anak Bangsa Dengan Misi Sosial

Kabar Berita   |   Teknologi  |   Senin, 25 Desember 2017 - 13:39:10 WIB   |  dibaca: 122 kali
Geevv Mesin Pencari Buatan Anak Bangsa Dengan Misi Sosial

Foto : Ilustrasi Geevv

KABARBERITA.CO.ID -- Tinggalkan Google, pindah saja ke Geevv milik mahasiswa UI. Geevv, mesin pencari keren buatan anak bangsa.”

Tiba-tiba ada banyak pesan broadcast masuk ke WhatsApp saya dengan kata-kata seperti itu. Intinya, pesan tersebut adalah ajakan untuk berhenti menggunakan mesin pencari (search engine) milik Google dan beralih ke mesin pencari baru bernama Geevv, yang disebut-sebut sebagai mesin pencari buatan anak bangsa.

Pertanyaannya, apakah Geevv benar-benar bisa menggantikan peran Google sebagai mesin pencari favorit masyarakat Indonesia?

Mayoritas dari kita pasti sudah tahu Google, Yahoo, Bing  dan masih banyak search engine populer lainnya. Kesemuanya itu adalah produk yang berasal dari luar negeri. Namun ketika disebutkan “Geevv” jarang dari kita yang mengetahuinya padahal itu juga merupakanSearch Engine yang tidak kalah bagus dengan google.

Geevv merupakan mesin pencarian berbasis sosial karya anak bangsa. Sekelompok mahasiswa UI meilhat adanya peluang karena melihat pengguna Internet di Indonesia yang cukup banyak,   namun belum ada mesin pencarian seperti Google yang berasal dari Indonesia. Akhirnya, Azka A. Silmi dan Andika Deni Prasetya menciptakan mesin pencarian ini.

Geevv mulai beroperasi sejak 26 September 2016, yang menarik dari Geevv adalah model bisnisnya dimana mereka membagikan keuntungannya sebanyak 80 persen untuk program sosial. Geevv memberikan Rp. 10 yang akan disalurkan untuk donasi setiap kali hasil pencarian.

Sebenarnya Geevv ini tidak murni buatan dari anak bangsa, karena memang untuk membuat mesin pencarian bukan suatu hal yang mudah, perlu mempertimbangkan banyak aspek. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sebuah layanan Applicaiton Programmung Interface (API) dari mesin pencari buatan Microsoft, yaitu Bing. Oleh karena itu jika kalian mencari pada Geevv dan Bing dengan keyword yang sama maka akan dihasilkan hasil yang sama juga. [KaBer/07]

Profil Kabar Berita

Kabar Berita


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook