Bus Listrik Buatan Anak Bangsa akan Diuji Coba di Bandara Soekarno-Hatta

Kabar Berita   |   Teknologi  |   Sabtu, 03 Maret 2018 - 21:49:29 WIB   |  dibaca: 32 kali
Bus Listrik Buatan Anak Bangsa akan Diuji Coba di Bandara Soekarno-Hatta

Bus Listrik Buatan Anak Bangsa yang diproduksi PT MAB dipajang di JCC. [Foto : KB/01]

KABARBERITA.CO.CID -- PT Mobil Anak Bangsa (MAB) menandatangani kerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero). Penandatangan kerja sama itu terkait dengan uji coba penggunaan bus listrik produksi anak bangsa untuk digunakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.‎

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan, jumlah bus yang akan diuji coba penggunaannya adalah sebanyak dua unit. Bus tersebut akan digunakan baik pada sisi udara (air side) maupun sisi darat (land side) bandara.

"Pengangkutan penumpang di bandara itu kan di air side untuk melayani ground handlingmaskapai," kata Awaluddin di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (3/3/2018).

Adapun untuk di sisi darat, bus listrik ini direncanakan bakal digunakan untuk perpindahan penumpang antar terminal, yakni Terminal 1, 2, dan 3. Awaluddin menyebut, bus tersebut akan terus bergerak dari dan ke masing-masing terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang panjang lintasannya mencapai 3 kilometer.

Meski demikian, Awaluddin mengungkapkan, penggunaan bus listrik tersebut masih berupa uji coba. Adapun uji coba masih akan dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan belum di bandara-bandara lainnya yang dioperasikan oleh Angkasa Pura II.

"Masing-masing bandara memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Saat ini di Soekarno-Hatta dulu," ucap Awaluddin.

Meskipun demikian, ia belum dapat memastikan kapan bus listrik buatan MAB tersebut mulai diuji coba. Sebab, bus listrik masih menunggu rampungnya uji kelaikan.

"Kita tunggu saja MAB kapan (bisa mulai uji coba). Kalau sudah selesai sertifikasi, uji kelayakan, jalan, segala macam, kita jalan," pungkas Awaluddin.‎ [KB/01/KMPS]‎

Profil Kabar Berita

Kabar Berita


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook