Hoax Surat Panggilan Kapolri, Bamsoet: Usut Tuntas!

0
238

KabarBerita.co.id – Beredarnya surat panggilan palsu alias hoaks yang berisikan panggilan KPK ke Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian belakangan ini, menuai reaksi keras. Salah satu dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet itu yakin, beredarnya informasi hoax terkait surat pemanggilan Kapolri itu bukanlah kerjaan orang iseng, melainkan melibatkan para aktor intelektual yang memiliki kepentingan besar untuk menjatuhkan nama baik Kapolri, Jend Polisi Tito Karnavian.

“Saya minta atau kita dorong kepolisian untuk usut tuntas bersama KPK,” ucap Bamsoet di DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Bamsoet melihat, ada upaya dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat gaduh negeri ini, apalagi menjelang tahun – tahun politik. Selain itu, Bamsoet juga turut mengaitkan aksi tersebut dengan polemik pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid yang belakangan disebut polisi sebagai bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“Teori konspirasi itu membuat suasana panas, bendera muncul kemudian hoax panggilan ini berkaitan. Jadi saya meyakini (soal surat palsu) bukan perbuatan orang iseng, tapi orang yang memiliki tujuan dan risikonya sudah dihitung,” ucapnya.

“Makanya saya meminta kepolisian untuk segera menelusuri ini dan menuntut tegas orang atau kelompok yang bersangkutan,” imbuhnya.

Surat panggilan palsu itu beredar dengan logo KPK di bagian kiri atas. Namun Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, memastikan penomoran hingga stempel yang digunakan salah, sehingga dipastikan surat itu palsu.

Surat panggilan hoax itu menyebut Tito dipanggil pada Jumat, 2 November 2018, untuk diperiksa sebagai tersangka. Di bagian bawah kanan surat terdapat hari dan tanggal dikeluarkannya surat, yakni 29 Oktober 2018. Ada stempel berwarna biru dan tanda tangan di bawah tanggal surat.

Sedangkan Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto menyebut timnya sedang memindai peredaran surat palsu itu. Hal itu dilakukan untuk menelusuri siapa inisiator pembuat dan penyebar surat palsu itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here