Ini Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental

0
40

KabarBerita.co.id – Semua orang tahu bahwa manfaat olahraga yang utama adalah membuat tubuh lebih sehat. Selain tubuh yang sehat, tahukah Anda bahwa khasiat olahraga juga baik untuk kesehatan mental? Meski banyak orang sudah tahu mengenai khasiat olahraga, beberapa orang masih enggan untuk melakukannya.

Beberapa kondisi yang membuat masyarakat enggan melakukan olahraga karena padatnya aktivitas sehari-hari. Melewatkan waktu berolahraga adalah cara hidup yang tidak sehat di mana keseimbangan aktivitas dengan pola makan dan tidak adanya olahraga bisa mengakibatkan tidak adanya keseimbangan di dalam tubuh.

Kondisi ini mengakibatkan daya tahan tubuh akan menurun dan pola makan yang tidak teratur. Apalagi ditambah dengan pola makanan yang tidak sehat di mana bisa mengakibatkan munculnya penyait-penyakit di dalam tubuh.

Manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh tidak hanya terkait dengan kondisi fisik, menurutnya manfaat olahraga yang bisa dirasakan adalah membuat pikiran lebih jernih dan mengurangi ketegangan. Beberapa alasan kenapa olahraga baik untuk kesehatan mental, di antaranya:

1. Olahraga Mengurangi Stres

Setiap manusia normal pernah mengalami stres atau ketegangan, beberapa faktor yang menimbulkan stress seperti masalah ekonomi, masalah pergaulan atau retaknya hubungan suami istri, urusan kantor yang tidak pernah selesai, ujian akhir yang akan dihadapi, keputusan salah yang telah diambil atau mungkin keragu-raguan untuk mengambil keputusan.

2. Olahraga Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak

Sudah bukan rahasia lagi kalau kegiatan fisik yang rutin dilakukan bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan tentunya kesehatan mental Anda. Hal ini dikarenakan tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak.

3. Olahraga Dapat Melawan Penuaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh adalah mencegah penurunan daya kerja otak pada mereka yang sudah lanjut usia. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Hasil terbaik akan didapat dengan berjalan kaki rutin selama sembilan minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here