Bagaimana Caranya Agar Anda Disukai Banyak Orang? Ini Tipsnya!

0
34

KabarBerita.co.id – Membangun komunikasi dengan orang lain itu tidaklah gampang. Kalau selama ini Anda sulit membangun hubungan sehat di tempat kerja, kampus, atau sekolahmu; kalau Anda susah akur sama saudara di rumah dan bahkan sering bikin ribut di luar rumah, tanya deh ke dirimu sendiri: kira-kira apa biang masalahnya? Jangan-jangan selama ini masalahnya adalah dirimu sendiri.

Sadar atau nggak, jangan-jangan Anda lah yang suka bikin orang lain kesal. Komentarmu selalu annoying bagi yang dengerin. Tapi tenang, seperti titah bahwa sesudah kesulitan selalu ada kemudahan dan selalu ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Lakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Sesekali Cobalah Untuk Diam Dalam Berbagai Kesempatan

Daripada sibuk berkomentar, sesekali cobalah untuk diam. Jagalah kata-kata dan ucapan yang keluar dari mulutmu. Walau lidah terasa gatal, jangan sebutkan semua hal yang melintas di kepala.

Sesungguhnya ada fakta nyata yang harus Anda terima: Gak semua orang di sekitarmu pengen dengar semua hal yang Anda pikirkan.

2. Berusahalah Menyensor Perkataanmu

Keberadaan media sosial dan kebebasan berpendapat macam ini sering jadi blunder. Tidak jarang Anda merasa seluruh sisi hidupmu bisa dibagikan, bisa juga menciptakan stigma bahwa segala hal yang terjadi di sekeliling dan masalahmu perlu dikaitkan.

Dampaknya Anda jadi mudah mengeluh, mudah menghubungkan segala hal yang terjadi di sekeliling dengan masalahmu, sampai membuatmu jadi orang yang haus perhatian. Dengan lebih banyak diam Anda akan sadar bahwa hidup tidak hanya berputar pada poros masalahmu. Ada hal-hal lain yang jauh lebih penting dari itu.

3. Anda Jangan Mengomentari Orang Lain

Sebelum Anda mencari-cari kekurangan dan kesalahan orang lain kayak juri kontes bakat, mending Anda ambil kaca yang besar buat lihat diri Anda dulu. Persis seperti Anda, gak ada di dunia ini orang yang sempurna.

Kalau Anda masih suka lupa taruh kunci di mana, masih belum secantik Dian Sastro, dan belum sepintar Maudy Ayunda yang bisa kuliah di Oxford — tutup mulutmu rapat-rapat. Anda tidak (akan) punya hak untuk mengomentari orang lain.

4. Jadilah Orang Yang Apa Adanya

Nggak usah nyindir atau nyinyir, please. Kalau Anda memang nggak suka sama sesuatu, bilang dengan sopan dan terus terang. Ini adalah cara yang paling adil karena dengan begitu, Anda bisa memberikan kesempatan ke orang yang Anda kritik untuk mengutarakan permasalahan dari sisinya. Jangan menyindir karena itu bisa bikin orang yang Anda sindir sakit hati. Dia juga bisa kok, cukup dewasa untuk mendengarkan unek-unekmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here