Manfaat Olahraga Sepak Bola Bagi Kesehatan

0
112

KabarBerita.co.id – Sepak bola tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun juga pada kemanfaatan social. Olahraga sepak bola ini merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Hampir semua kalangan menyukai olahraga ini. Sepak bola itu sendiri merupakan salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim memiliki anggota sejumlah 11 orang dan beberapa dari cadangannya.

Sepak bola merupakan olahraga yang memberikan efek dan juga berdampak besar bagi masyarakat karena kepopulerannya. Maka dari itu, manfaat yang diberikan juga cukup banyak tidak hanya pada pemainnya saja yang ada di dalam pertandingan sepak bola, namun juga pada masyarakat dan juga industri sepak bola.

Bagi Anda yang senang bermain sepak bola sudah barang pasti lebih tahu bahwa sepak bola ini layaknya olahraga lain yang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita semuanya. Beberapa manfaat sepak bola bagi kesehatan yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Semua pemain sepak bola, kecuali kiper, akan selalu bergerak ke depan dan juga ke belakang lapangan selama pertandingan berlangsung. Para pemain seperti berlari serat berjalan sejauh 5 hingga dengan 7 mil selama pertandingan penuh. Berjalan, jogging dan juga berlari akan membantu pemain bola tersebut menjaga detak jantung, menjadikan latihan cardiovascular.

Latihan cardio juga sangat membantu pemain untuk memperkuat jantungnya, menghindari plak yang ada di arteri, mengurangi tekanan darah dan juga membakar kalori. Kiper juga begitu, melakukan latihan cardio dengan bergerak di area gawang. Tambahannya adalah seorang kiper atau penjaga gawang ini juga berlatih sekeras pemain lainnya selama latihan berlangsung.

2. Kekuatan

Otot dan juga tulang akan semakin tambah kuat dengan berbagai gerakan – gerakan yang dilakukan di dalam permainan sepak bola tersebut, misalnya saja berlari, melompat, dan juga menendang bola. Para pemain dapat menggerakkan kaki selama 90 menit akan melatih otot kaki-kainya menjadi lemas. Tidak hanya itu saja, tubuh bagian atas dan juga otot lengan turut serta ikut dalam membantu pergerakan tubuh misalkan seperti menendang, melompat, tackling dan juga blocking.

3. Keuntungan Kognitif

Dalam hal ini, khususnya pertandingan sepak bola, maka pemain tidak hanya menggerakkan pada bagian fisik saja. Namu sejauh pemain dalam lapangan ini juga berkonsentrasi dan memainkan otak mereka. Permainan sepak bola ini juga bisa menjadi salah satu permainan cepat yang akan melatih daya pikir kita untuk membuat keputusan cepat di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here