4 Tips Menghadapi Masalah Malas Belajar

0
27

KabarBerita.co.id – Seorang pelajar, salah tugas utama yang harus senantiasa dilakukan adalah belajar, karena dengan belajar maka pengetahuan, pengalaman serta kompetensi bisa dia kuasai dengan baik. Belajar akan membuka cakrawala berpikir dari seorang pelajar. Namun bukan rahasia lagi bahawasanya kadangkala muncul perasaan atau sikap dalam diri seseorang yang merasa enggang belajar atau dengan kata lain merasa malas belajar.

Sikap malas belajar juga biasanya dipicu dengan keberadaan smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet, social media dan berbagai fitur lainnya, sehingga pengguna atau pemakainya bisa merasa betah menggunakannya berjam-jam. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang tips menghadapi malas belajar. Mari kita simak ulasannya:

1. Mengingat Kembali Tujuan Awal Anda Bersekolah

Saat fokus dan konsentrasi Anda mulai kurang stabil perihal dalam melaksanakan/menjalani kegiatan pendidikan (sekolah), maka salah satu hal yang Anda bisa lakukan adalah dengan mengingat/merefresh kembali ingatan Anda tentang tujuan awal Anda bersekolah.

2. Kurangi Menggunakan Smartphone

Zaman milenial adalah zaman dimana teknologi hampir menyentuh seluruh aspek kegiatan manusia, salah satu perangkat teknologi yang erat dengan kehidupan setiap orang adalah smartphone/HP, keberadaan HP bagi setiap orang bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer dan hampir dalam setiap suasana senantiasa di bawah serta untuk menemani aktivitasnya.

3. Mengubah Cara Belajar

Salah satu penyebab seseorang menjadi malas belajar yakni cara/metode yang digunakan untuk belajar bisa dikatakan monoton atau begitu-begitu saja, alhasil membuat perasaannya/paradigm tentang belajar menjadi hal yang membosankan.

4. Berlibur atau Refreshing

Belajar yang berlebihan memang kadang memunculkan titik jenuh yang membuncah alhasil karena perasaan trauma akibat belajar yang berlebihan akhirnya membuat seseorang bisa menjadi enggang untuk belajar, belajar memang harus dilakukan, namun jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik bagi kondisi psikologis seseorang.

Maka dari itu belajar dan berlibur adalah suatu hal yang mesti dipadukan agar balance/recovery dari kondis perasaan bisa selalu stabil, cobalah sesekali setelah belajar Anda pergi jalan-jalan di pinggir pantai, camping di gunung, melakukan aktivitas outbond dan lain-lain, dengan begitu kondisi perasaan da pikiran Anda bisa kembali fresh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here