3 Cara Menjaga Lingkungan yang Bersih dan Sehat

0
36

KabarBerita.co.id – Bukan hal yang baru lagi kalau persoalan lingkungan, hal ini sering menjadi sorotan bagi siapapun bahkan sampai pada dunia. Pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang dilaksanakan pada awal bulan Juli 2017 lalu, lingkungan dan juga perubahan iklim pun berada pada agenda urutan teratas. Melalui berbagai kebijakan milik kepala Negara ini, komitmen di dalam menyelesaikan persoalan lingkungan telah mereka tunjukkan.

Hari ini, sudah saatnya masyarakat yang ikut bertindak pula. Ada banyak sekali cara – cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar. Mari kita simak ulasannya:

1. Kurangi Konsumsi Air Kemasan

Aktivitas yang Anda lakukan sehari – hari tentu saja tidak lepas dari air mineral. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan sedikit perubahan pada lingkungan sekitar. Salah satu langkah tepat di dalam menjaga lingkungan yang paling sederhana ialah mengurangi konsumsi air kemasan. Anda bisa membawa tempat minum Anda dari rumah agar berkurangnya limbah plastik – plastik. Selain menjaga lingkungan, Anda juga bisa lebih berhemat karena tidak perlu berulang kali membeli produk air kemasan.

2. Mengelola Limbah Rumah Tangga

Sudah mencoba untuk mengelola sampah rumah tangga milik Anda sendiri? Apapun profesi Anda pada saat ini, menjaga lingkungan ini bisa Anda lakukan dengan cara sederhana sekalipun seperti membuang sampah sesuai dengan kategorinya. Selain menjaga lingkungan, pemilihan sampah juga akan memudahkan para pencari nafkah yang juga sering mengumpulkan barang-barang seperti karton, kerdus, koran, dan juga majalah.

3. Menghemat Penggunaan Air

Salah satu kebiasaan yang mungkin sering tidak Anda sadari bisa memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitar ialah penghematan air. Jika Anda sudah menanam kebiasaan menutup keran air di rumah pada setiap tidak dipakainya, sebaiknya lakukan juga kebiasaan tersebut di tempat-tempat umum. Mungkin terkesan tidak ada kerjaan, akan tetapi bukan Anda yang mulai melakukan perubahan, sumber daya air akan semakin terbuang sia-sia dan menjadi habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here