Cara Hidup Bersosial di Tengah-Tengah Masyarakat

0
43

KabarBerita.co.id – Dalam kehidupan sehari-hari, individu selalu saja melakukan hal – hal yang berhubungan dengan sosial dan juga individu lain ataupun kelompok-kelompok tertentu. Hubungan sosial yang terjadi antar individu maupun antar kelompok ini juga dikenal dengan istilah interaksi sosial. Interaksi yang di mana antara berbagai segi kehidupan yang sering kita alami di dalam kehidupan sehari-hari itu akan membentuk suatu pola hubungan yang juga saling mempengaruhi.

Sehingga akan membentuk suatu sistem sosial di dalam masyarakat. Keadaan inilah yang kemudian kita namai sebagai proses sosial.

Adapun proses sosial yang sering terjadi di dalam masyarakat tentunya tidak selalu berjalan dengan tertib dan juga lancar begitu saja. Pasalnya, masyarakat pendukungnya mempunyai berbagai macam-macam karakteristik juga.

Demikian pula halnya dengan interaksi sosial ataupun hubungan sosial yang merupakan salah satu wujud dari proses-proses sosial yang ada. Keragaman hubungan sosial ini Nampak jelas di dalam struktur sosial masyarakat yang majemuk, contohnya seperti Negara kita Indonesia. Adapun keragaman diantara hubungan sosial di dalam suatu masyarakat bisa saja terjadi. Hal tersebut dikarenakan masing-masing suku bangsa mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda tentunya.

Bahkan di dalam satu suku bangsapun juga mempunyai perbedaan. Namun, perbedaan-perbedaan tersebut yang ada itu adalah suatu kekayaan yang harus tetap dijaga. Ada beberapa kategori utama dalam membentuk perilaku sosial seseorang, yakni:

1. Perilaku dan Karakteristik Orang Lain

Jika seseorang lebih sering bergaul dengan orang-orang yang mempunyai karakter santun, ada banyak kemungkinan besar ia akan berperilaku seperti kebanyakan orang-orang berkarakter santun di dalam lingkungan pergaulannya. Namun, sebaliknya, jika ia bergaul dengan orang-orang berkarakter sombong, maka ia akan terpengaruh oleh perilaku seperti itu.

2. Proses Kognitif

Ingatan dan juga pikiran yang memuat ide-ide, keyakinan dan juga pertimbangan yang menjadi dasar kesadaran sosial seseorang akan berpengaruh pada perilaku social seseorang.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan alam juga merupakan salah satu yang banyak mempengaruhi perilaku sosial pada seseorang. Misalnya saja, orang yang berasal dari daerah pantai atau dari daerah pegunungan yang biasanya berkata keras, maka perilaku sosialnya seolah keras pula ketika berada di lingkungan masyarakat yang terbiasa lembut dan juga halus di dalam bertutur kata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here