Menanamkan Cinta Budaya Indonesia Kepada Anak Sejak Dini

0
37

KabarBerita.co.id – Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kita sedang berada di era modern. Pengaruh-pengaruh yang datang dari barat sudah mempengaruhi pola fikir dan cara hidup orang-orang di negara kita. Moderenisasi yang terjadi saat ini sudah hampir menggerus kebudayaan tanah air. Budaya-budaya lokal sudah mulai terlupakan dan ditinggalkan. Khususnya para remaja. Bahkan anak-anak pun lebih mengenal buadaya-budaya barat dibandingkan budaya lokal.

Seperti halnya remaja dan anak-anak saat ini lebih suka untuk menyantap maknanan-makanan fast food dari pada makanan tradisional. Seperti hamberger, pitza, sandwich dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting bagi orangtua dan keluarga untuk menanamkan sikap cinta budaya Indonesia kepada anak sejak dini.

Banyak sekali macam-macam budaya yang ada di Indonesia. Seperti bahasa, adat, pakaian, musik dan lain sebagainya. Mengenalkan cinta budaya Indonesia pada anak merupakan kewajiban yang harus dipupuk sedini mungkin oleh keluarga. Sebenarnya cara menanamkan sikap cinta budaya Indonesia kepada anak sejak dini tidaklah sulit di dalam keluarga.

Mungkin bisa dimulai dengan mengajarkan anak- akan akan bahasa daerah, bagaimana cara memakai pakaian yang sopan, mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang yang lebih dewasa, serta mengucapkan terima kasih dan maaf. Menanamkan nilai budaya seperti ini tentu akan berpengaruh pada pembentukan kepribadian saat anak dewasa nanti.

Menanamkan sikap cinta budaya Indonesia kepada anak sejak dini sangatlah penting. Karena hal ini juga akan menambah rasa nasionalisme pada anak terhadap negara. Lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan anak. Lingkungan yang pertama kali berperan dalam hal ini adalah keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua ataupun keluarga untuk menanamkan sikap cinta budaya Indonesia kepada anak sejak dini. Seperti mengajak anak untuk berwisata budaya Indonesia. Cara ini lumayan efektif karena pada dasarnya usia anak-anak suka untuk berwisata. Cara lainnya seperti, mengajak anak untuk berwisata kuliner daerah dari pada mengajak anak untuk menyantap makanan fast food. Cara-cara itu bisa membantu orangtua untuk menanamkan sikap cinta budaya Indonesia kepada anak sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here