Google Dikabarkan Akan Menutup Google Hangouts di Tahun 2020, Benarkah?

0
43

Meskipun menyandang nama besar di dunia digital, bukan berarti Google selalu berhasil dengan produk – produknya. Beberapa aplikasi layanan pesan singkat dan sosial media milik google, nyatanya masih ada yang belum berhasil memenuhi target yang memuaskan. Beberapa layanan milik Google seperti Hangouts, Duo dan Allo sepertinya masih sangat awam digunakan oleh para pengguna gadget.

Setelah menutup Google Plus baru – baru ini, Google malah dikabarkan akan menutup layanan Hangouts yang memang semakin sepi peminat. Menurut rumor yang berkembang, Google Hangouts akan ditutup pada tahun 2020 mendatang.

Isu miring ditutupnya Google Hangouts sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Saat peluncuran Allo dan Duo pada 2017 lalu, muncul kabar bahwa Google akan menutup layanan Hangouts. Begitupun saat Google Plus dihapus, lagi – lagi Hangouts dikabarkan juga akan dihapus. Kendatipun begitu, tetap saja kabar tersebut belum terbukti sampai saat ini.

Menanggapi isu tersebut, VP Google Hangouts, Scott Johnson, tak sepenuhnya juga membantah gosip tersebut. Hanya saja, ia menegaskan sampai saat ini belum ada pembahasan untuk menutup layanan Hangouts secara keseluruhan.

Menurutnya, ada rencana pengguna Hangouts bakal dimigrasikan ke layanan enterprise bernama Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Tapi tidak menutup kemungkinan, layanan Hangouts yang ada sekarang akan segera ditutup, ketika dua layanan tersebut nantinya akan diluncurkan.

Google agaknya tak mau memuaskan prediksi masyarakat dan terus mempertahankan Hangouts. Layanan ini telah menemani pengguna setianya sejak tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2011.

Hangouts awalnya diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus. Kiprahnya sebagai layanan mandiri (standalone) dimulai sejak 2013.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here