Beberapa Manfaat Olahraga Untuk Jantung dan Paru – Paru

0
100

KabarBerita.co.id – Olahraga adalah salah satu aktifitas yeng memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh dan harus dilakukan secara rutin. Salah satu dapat menyehatkan jantung. Mengonsumsi makanan hanyalah salah satu dari gaya hidup yang sehat. Bagian yang terpenting itu adalah berolahraga. Dengan berolahraga bisa membuat semua sistem yang ada dalam tubuh anda akan bekerja dengan maksimal.

Berolahraga juga dapat memperkuat dan melemaskan otot-otot anda. Bukan hanya itu saja, olahraga juga dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol, sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Selain itu dengan berolahraga dapat meredakan stress dan juga bisa membuat anda lebih percaya diri.

1. Manfaat Berolahraga Bagi Jantung

Untuk meningkatkan cara kerja jantung, olahraga sangat diperlukan untuk membantu jantung bekerja dengan normal. Pada saat Anda sudah berusia kurang lebih 70 tahun, jantung Anda akan berdetak lebih kencang yakni sebanyak lebih dari 2,5 milyar kali. Sangat disrankan untuk melakukan berolahraga agar jantung tetap kuat saat memompa darah dan mendistribusikan lebih banyak oksigen ke seluruh bagian tubuh.

2. Manfaat Berolahraga Bagi Paru-Paru

Olahraga juga menguatkan paru-paru Anda. Salah satu fungsi utama dari paru-paru ini adalah mendistribusikan oksigen dan juga menghilangkan karbondioksida dari tubuh Anda. Berolahraga secara rutin bisa membantu sistem paru-paru Anda yang sedang bekerja secara lebih efisien sehingga paru-paru bisa menampung lebih banyak oksigen. Bahkan mereka yang mengalami menderita masalah paru-paru yang sifatnya kronis dapat mendapatkan manfaat dengan hanya melakukan aktifitas fisik secara rutin saja. Olahraga dapat memperkuat otot serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mengurangi beberapa frekuensi terjadinya sesak nafas yang disebabkan oleh berbagai kondisi paru-paru yang sifatnya kronis.

3. Jumlah Olahraga Yang Cukup

Waktu yang perlu dihabiskan saat berolahraga, dianjurkan untuk dua dua hal ini: untuk olahraga ringan sekitar 150 menit dan jika melakukan olahraga berat cukup sekitar 75 menit setiap minggunya. Ini bisa dilakukan dengan olahraga selama 30 menit per hari dan ini dilakukan sebanyak lima kali dalam seminggu. Jika anda baru pertama kali berolahraga, anda bisa memulai dengan melakukan olahraga selama 10-15 menit per hari. Dan anda udah bisa meningkatkan durasinya sedikit demi sedikit sebanyak 30 menit per hari dalam seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here