Tips Olahraga Lari Bagi Pemula Agar Tidak Cedera

0
40

KabarBerita.co.id – Olahraga merupakan salah satu syarat agar hidup menjadi sehat. Ada beberapa macam olahraga yang bisa anda lakukan agar tubuh sehat dan kuat. Senam, bersepeda, fitness, lari dan masih banyak lagi. Salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan adalah olahraga lari. Selain olahraga lari mudah untuk dilakukan, olahraga ini juga sangat murah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Bayangkan saja ketika anda ingin berlari anda cukup membutuhkan ketekatan dari diri anda. Namun tidak demikian bagi pemula yang ingin olahraga lari. Ada beberapa tips olahraga lari yang harus diketahui bagi pemula agar tidak cedera setelah berlari.

Tips olahraga lari yang pertama adalah mulailah dengan berjalan. Sebenarnya boleh saja anda langsung berlari, tetapi sadari akibatnya setelah itu. Tubuh anda saat ini belum terbiasa berlari, oleh karena itu anda bisa saja cedera saat lari. Berjalan memiliki gerak yang sama dengan berlari tanpa banyak tekanan pada tulang dan sendi. Saat tubuh terasa siap maka, anda bisa memulai untuk berlari.

Kedua, jangan terburu-buru. Jangan terburu-buru untuk lari jarak jauh. Mulaihlah dengan lari jarak dekat. Lari jarak jauh bisa menyebabkan cedera lari pada kaki yang berkepanjangan seperti kram bahkan keseleo. Jangan terburu-buru ingin cepat sampai tujuan tapi, tingkatkan jarak tempuh dan durasi berlari secara bertahap.

Tips olahraga lari yang ketiga adalah pakailah sepatu lari yang benar. Pada dasarnya anda bisa berlari dengan sepatu apapun. Semua orang berlari dengan cara yang berbeda. Pronasi atau yang dimaksud dengan gerakan mengayuh ke dalam dari telapak kaki ketika berlari pada setiap orang berbeda. Ada sepatu lari yang dirancang secara khusus untuk orang-orang tersebut guna menghindari potensi cedera. Oleh karena itu memakai sepatu yang salah untuk olahraga lari akan menjadi penyebab cedera saat berlari.

Tips yang terakhir adalah buatlah rencana. Anda bisa memantau jarak tempuh dan kecepatan anda, sehingga kemudian anda bisa meningkatkan waktu latihan Anda secara bertahap untuk membangun kekuatan tubuh. Selain itu merencanakan asupan makanan setelah dan sebelum olahraga lari juga akan menambah motivasi anda untuk lari. Jika anda seorang pemula dalam olahraga lari mak, tips olahraga lari diatas akan sangat membantu anda agar tidak cedera saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here