Menjadi Generasi Muda Yang Menjaga Kebudayaan Dengan Baik

0
37

KabarBerita.co.id – Indonesia merupakan negara maritim yang mana dikelilingi oleh berbagai macam pulau dengan kebudayaan yang beranekaragam. Faktor keanekaragaman budaya serta keunikan dari masing – masing daerah inilah yang membuat Indonesia menjadi daya tarik bagi bangsa lain dibelahan dunia. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, generasi muda kita mulai terkikis dengan pergeseran kebudayaan dari luar (asing).

Anak-anak muda sudah jarang tertarik untuk mempelajari tentang budaya Indonesia, Seperti menyanyi lagu adat, menari atau mempelajari tarian daerah. Padahal menjaga budaya dengan baik merupakan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia. Selain itu menjaga budaya dengan baik juga salah satu bukti cinta kita terhadap tanah air.

Generasi muda tidak bisa dipisahkan dengan kebudayaan. Walaupun pada saat ini sedikit generasi muda yang peduli terhadap budayanya. Lantas apa saja yang harus dilakukan oleh generasi muda agar bisa menjaga budaya dengan baik? Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai perwujudan bahwa generasi muda mampu melestarikan dan menjaga kebudayaan dengan baik. Diantaranya adalah mau mempelajari budaya itu sendiri, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita.

Selain itu generasi muda juga bisa berpartisipasi dengan mementaskan budaya tradisonal pada acara ataupun kegiatan tertentu, seperti pada saat perayaan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa, mengadakan pementasan ketoprak yang berbau perjuangan agar kebudayaan tradisional dapat dikenal lebih luas lagi.

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan oleh generasi muda agar bisa melestarikan dan menjaga budaya dengan baik. Mempraktikkan penggunaan budaya dalam kehidupan sehari-hari misalnya budaya berbahasa. Menggunakan bahasa daerah yang sopan ketika berbicara kepada orang yang lebih tua. Selain itu sebagai generasi muda haruslah pandai membuang perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang dimiliki karena hal ini merupakan suatu perwujudan sikap menjaga budaya dengan baik dan dapat memupuk rasa cinta terhadap tanah air. Pada diri generasi mudalah budaya akan tetap dilestarikan dan dijaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here