Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Batasan Bersosialisasi

0
29

KabarBerita.co.id – Sebagaimana telah kita sepakati bersama bahwa manusia tidak akan lepas dari manusia yang lain. Seperti halnya dalam hidup bersosialisasi, maka manusia akan selalu membutuhkan manusia lain untuk memenuhi hajatnya. Sangat mustahil seorang manusia dapat hidup sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Setiap kegiatan baik ataupun buruk pasti akan melibatkan orang lain, baik kamu sadari atau tidak.

Namun dalam hal hidup bersosialisasi kamu juga harus menjaga beberapa hal yang tidak mungkin kamu perlihatkan kepada orang lain. Hal ini dimaksudkan agar kamu juga mengetahui bahwa kamu juga memiliki sisi atau ruang yang hanya kamu sendiri yang mengetahuinya, terutama untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Nah, lalu apa saja alasan dalam hidup bersosialisasi ini harus ada batasan nya ? berikut ini beberapa alasan yang bisa menjadi bahan renungan kamu.

1. Setiap Orang Memiliki Privasi

Walaupun kamu adalah seorang yang sangat terbuka terhadap orang lain, tapi pada sisi tertentu pasti ada hal-hal yang tidak ingin kamu tunjukkan kepada orang lain. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, namun kamu akan lebih percaya pada dirimu sendiri untuk mengatasi keadaan kamu itu.

Sama hal nya dengan kehidupan orang lain, tentu mereka juga memiliki sisi hidup yang privasi dan tidak ingin orang lain mengetahuinya. Oleh karenanya kita tidak boleh mengusik kehidupan mereka. Namun jika kamu kebetulan di percaya oleh seseorang untuk membantu menyelesaikan keadaan yang sedang dihadapinya maka kamu juga harus benar-benar mampu menjaga kepercayaan orang tersebut.

2. Hidup Memang Saling Terikat, Namun Kamu Perlu Jaga Jarak

Dalam kaitan hidup bersosialisasi memang tidak pernah terlepas dari peran serta orang lain orang lain dalam kehidupan kita. Namun itu bukan berarti kamu harus senantiasa berada dalam satu keadaan secara bersama-sama. Seperti halnya kamu memiliki seorang sahabat, sedekat apapun hubungan persahabatan kamu namun jika hati kamu dan hati sahabat kamu tidak ingin bercerita tentang suatu keadaan yang sedang kalian alami maka jangan memaksakan kehendak kamu atau dia untuk bercerita.

3. Memberikan Dukungan Tanpa Mengganggu Orang Lain

Sebagai seorang manusia memang sudah sewajarnya untuk saling membantu, namun kamu harus dengan niatan hati yang ikhlas tanpa mengharap imbalan atau pamrih dari orang lain. Sebab ketika kamu ingin membantu orang lain namun masih memiliki niatan lain maka hal tersebut dapat mengganggu orang lain.

Itu tadi beberapa alasan mengapa dalam kehidupan sosial ini ada kalanya kita harus menjaga hal-hal tertentu yang memang tidak semua orang harus mengetahuinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here