Pengaruh Budaya Asing Terhadap Remaja Saat Ini

0
44

KabarBerita.co.id – Dari zaman ke zaman perubahan budaya di Indonesia memang terlihat sangat jelas. Dari masuknya budaya asing sampai dengan transformasinya budaya indonesia sangat mudah ditemukan, apalagi di kalangan remaja. Namun, ada apa dengan generasi muda di negara kita, yang lebih menyukai budaya asing dibanding budaya asli negara kita? Kita sering kali melihat anak-anak zaman sekarang menyukai budaya luar, seperti contoh sering meniru budaya Jepang, budaya Korea. Bahkan lebih menyedihkan lagi, jika mereka diminta untuk memilih, mereka lebih memilih budaya luar atau asing ketimbang budaya negaranya sendiri. Kerap kali kalangan remaja menganggap bahwa budaya-budaya yang dimiliki Indonesia terkesan kuno dan tidak modern.

Hal yang sangat terlihat dari pengaruh budaya asing adalah cara berpakaian. Pada zaman dahulu, mungkin anak-anak yang masih berusia dibawah 17 tahun masih menggunakan pakaian yang sesuai umurnya. Akan tetapi, saat ini mungkin pakaian yang harus tidak dipakai oleh anak-anak justru mereka malah menggunakannya dan terbukti mereka sangat menyukainya. Diantara budaya asing yang mempengaruhi budaya Indonesia adalah makanan. Makanan juga sangat mudah terpengaruh dengan negara luar. Makanan-makanan asli Indonesia sangatlah beranekaragam tetapi zaman sekarang generasi muda kita lebih memilih makanan-makanan fastfood western atau makanan cepat saji ala orang-orang barat seperti pitza, sushi dan masih banyak lagi contohnya. Padahal makanan asli Indonesia tidak kalah nikmat dan tentunya sehat dibanding makanan fastfood western.

Memang sifat ideologi kita yang terbuka menjadi dasar masuknya budaya asing ke dalam negeri. Tetapi maksud dari ideologi terbuka adalah ideologi yang mampu mengikuti perkembangan zaman bukan malah yang menghancurkan budaya yang sudah leluhur berikan kepada negara kita. Karena banyaknya provinsi di Indonesia membuat Indonesia memiliki banyak budaya. Negara kita menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang sangat banyak hal inipun diakui oleh bangsa asing. Seharusnya kita sebagai remaja bangga akan kebudayaan yang kita miliki.

Oleh karena itu kita harus mempertahankan budaya yang ada di negara kita ini yang sudah diperjuangkan oleh para pejuang sebelum kita. Ingatlah mempertahankan lebih sulit dibandingkan memilikinya, jangan sampai budaya yang kita miliki diambil oleh para pencuri budaya di luar sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here