Efek Perang Dagang Dunia, Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,2% pada 2019

0
39

KabarBerita.co.id – Kondisi ekonomi global yang memanas akibat perang dagang, khususnya antara Amerika Serikat dan China diprediksi akan mempermudah capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019 sebesar 5,2 %, lebih rendah dari target pemerintah sebesar 5,3%.

Hal itu diungkapkan Chief Economist Bank Mandiri, Anton Gunawan, saat ditanya mengenai kondisi ekonomi Indonesia pada tahun 2019 kedepan, khususnya setelah pemerintah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 %.

“Secara keseluruhan, kami lihat dari global dan domestik. Jadi kelihatannya kok 2019 sedikit lebih baik daripada 2018. Pertumbuhan ekonomi ekspektasi forecast kita kecenderungannya sedikit lebih baik 5,2% tahun depan,” kata Anton di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (12/12).

Lebih lanjut Anton menurutkan, prediksi membaiknya kondisi ekonomi Indonesia kedepan karena dia melihat sepanjang tahun 2018 ini telah terjadi beberapa risiko terhadap kondisi ekonomi Indonesia. Ia mencontohkan terjadinya depresiasi rupiah hingga 13%.

“Risiko yang terjadi sudah banyak terjadi di 2018, termasuk depresiasi rupiah sampai 13%. Meski sekarang sudah membaik,” jelasnya.

Anton juga melihat, pertarungan ekonomi antara Amerika dan China juga berimbas pada negara – negara lainnya, dan itu akan terjadi hingga 2019 kedepan.

“Faktor yang mempengaruhi adalah trade war itu masih tinggi,” ungkap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here