Pemilu 2019 Akan Pakai Kotak Suara Berbahan Kardus, KPU: Kuatnya Sama Dengan Aluminium

0
67

KabarBerita.co.id – Berbeda dengan Pemilu sebelumnya, Pemilu 2019 kedepan rencananya akan menggunakan kotak dan bilik suara berbahan kardus. Meskipun berbahan kardus, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa kualitas bahan kardus yang digunakan sama baiknya dengan kotak dan bilik suara yang sebelumnya menggunakan bahan aluminium.

Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaskan, kotak dan bilik suara nantinya akan dicetak di tiga tempat, yakni Bekasi, Surabaya, dan Serang. Khusus Serang akan mencetak dalam jumlah relatif sedikit dibandingkan dua tempat lainnya.

“Sekarang karena di undang-undang menggunakan kotak suara transparan maka kita sudah pilih seperti ini bentuknya transparan dan sudah disetujui,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra menunjukkan contoh kotak suara untuk Pemilu 2019 di di PT Karya Indah Multiguna, Bekasi, Minggu (30/9).

Sambil menunjukkan beberapa kotak suara yang sudah dibentuk dan beberapa kardus tebal yang nantinya akan dibentuk menjadi kotak dan bilik suara, Ilham mengatakan bahwa bagian transparan yang nantinya dihasilkan dari kotak suara berasal dari plastik mika di bagian depan.

“(Mika transparan) untuk dapat dilihat, bahwa suratnya masuk di kotak yang bersangkutan. Sekali lagi saya sampaikan, dengan (pengadaan) menggunakan e-katalog ini kita bisa berhemat sampai 30 persen anggaran,” ujar Ilham.

Menurut Ilham, dipilihnya bahan kardus tebal juga lebih menghemat biaya produksi. Dia menjelaskan, biaya produksi satu kotak Rp57.500 sampai Rp62.500 termasuk untuk distribusi.

Untuk menguji kekuatan bahan kardus tersebut, Ilham telah membuktikannya saat dirinya menduduki kotak suara tersebut di hadapan awak media. Menurutnya, kotak suara akan mampu menerima beban hingga 16 kilogram (kg).

“Karena surat suara itu kalau kita hitung, misalnya presiden satu TPS itu 300 kertas, belum lagi jika nanti dimasukan item-item formulir, ketika hari H, mungkin bisa sampai 10 kg sampai 15 kg,” ujarnya.

Selain kuat dan lebih hemat, kotak suara berbahan kardus juga tidak lebih hemat ruang di gudang penyimpanan, tak perlu ruang yang luas untuk menyimpan dan lebih mudah dalam perawatan.

“Nanti kita liat peraturannya, nanti akan disempurnakan apakah gembok atau kabel tis, tapi pengalamana kita, kalau menggunakak gembok ada saja yang hilang, tertukar atau sebagainya,” kata dia.

Untuk diketahui, pencetakan kotak dan bilik suara Pemilu 2019 dilakukan oleh empat perusahaan pemenangan tender, yaitu PT Karya Indah Multiguna di Kota Bekasi, PT Cipta Multi Buana Perkasa di Tangerang, PT Asada Mitra Packindo Serang Banten, dan PT Intan Ustrix di Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here