WASI Berhasil Pecahkan 3 Rekor Dunia Bidang Selam di Manado

0
127

KabarBerita.co.id – Wanita Selam Indonesia (WASI) bersama ribuan penyelam dari beberapa daerah di Indonesia berhasil memecahkan 3 rekor dunia atau Guinness World Record (GWR) di Manado, pada Sabtu (03/08/2019). Beberapa rekor dunia yang berhasil mereka catat diantaranya penyelaman massal terbanyak (Most People Scuba Diving) dengan 3131 peserta, pembentangan bendera terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater) sepanjang 1014 meter dan rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chain Underwater) yang lebih dahulu berhasil dicatatkan rekornya pada Kamis (01/08/2019).

Pengumuman rekor dunia tersebut diumumkan sekaligus dicatat langsung oleh Mrs. Solvej Malouf, selaku Guinness World Records Adjudicator. Keberhasilan ini langsung mendapatkan sambutan yang meriah dan penuh kebahagiaan dari para peserta, begitupun juga dari warga yang ikut menghadiri acara tersebut. Prestasi ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia yang notabenenya adalah negara maritim dengan luas laut yang terbilang salah satu yang terbesar di dunia.

Ketua WASI, Tri Tito Karnavian mengatakan bahwa pengalaman ini tentunya menjadi prestasi yang sangat luar biasa bagi WASI. Baginya, pencapaian ini adalah puncak kerja keras seluruh panitia selama satu tahun demi mencatatkan tiga rekor selam sebagai kebanggaan Bangsa Indonesia di dunia internasional.

“Memang seharusnya kita miliki, mengingat kita negara kelautan terbesar di dunia dengan kekayaan alam yang tidak ternilai,” ujar Tri di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (03/08/2019).

Apalagi, momentum ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun yang sebentar lagi akan diperingati seluruh rakyat Indonesia. Tentu saja, prestasi akan menjadi salah satu kado terindah dari WASI bagi rakyat Indonesia.

“Semoga ini menjadi hadiah paling indah di  hidup kita yang kita persembahkan untuk negri yang kita cintai,” tegas Tri.

Pihaknya berharap, momen ini dapat memicu bidang – bidang lainnya untuk menorehkan prestasi lainnya demi mengharumkan nama Indonesia di mata Internasional. Tak lupa Tri juga mengucapkan ribuan terima kasih pada semua pihak yang telah ikut andil menyukseskan acara ini, baik itu Polri, TNI, maupun komunitas selam seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga Tri berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kelestarian laut dengan tidak membuang sampah plastik di laut.

“Gunakan bahan plastik dengan bijaksana dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tukasnya. (Red)