Kemenhub Gelar Seminar Kebangsaan di GBK, Ajak Generasi Muda Hayati Pancasila

0
100

KabarBerita.co.id (Jakarta) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mengadakan Seminar Kebangsaan bertajuk “Bergandengan Tangan Membangun Negeri, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan” di Hall Basket Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, pada Rabu (07/08/2019). Acara yang dikemas ringan ini untuk menanamkan nilai – nilai luhur Pancasila kepada para peserta, yaitu para generasi milenial dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Artis sekaligus Influencer Deddy Corbuzier hadir sebagai moderator seminar. Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan, Mayjen TNI (Purn) I Putu Sastra Wingarta, Gus Miftah, Krisdayanti dan Ita Purnamasari.

Dalam kata sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengingatkan kembali akan penting menanamkan nilai – nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam sendi – sendi kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

“Lemhannas adalah suatu lembaga yang berwibawa, yang memberikan suatu garis-garis bagaimana kita menghayati kehidupan berbangsa. Kita ada dari mana-mana Papua, Aceh, Kalimantan, mungkin belum maksimal menghayati apa itu pancasila, apa itu UUD 1945 nilai-nilai yang memang kita harus mengerti,” ujar Budi Karya.

Budi mengatakan, Pancasila telah menjadi fondasi utama keutuhan bangsa ini selama 74 tahun, yang notabenenya terdiri dari banyak suku, ras dan agama.

“Pancasila sudah menghantar kita sebagai bangsa selama 74 tahun. Dengan satu ambisi yang jadi contoh bagi banyak negara dan bangsa gimana persatukan keberagaman perbedaan yang ada di muka bumi Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, Budi Karya juga mengajak masyarakat untuk memerangi ideologi – ideologi yang mengancam keutuhan dan persatuan bangsa, serta mengikis nilai – nilai luhur Pancasila.

“Kita juga tahu bahwa paham-paham tertentu yang ingin menjatuhkan ideologi kita, bagaimana kita anggap itu suatu yang baik kalau mereka hanya memikirkan diri sendiri kelompok sendiri,” ujarnya.

“Kita harus melawan itu semua? Setuju? Siapa kita? Indonesia,” teriak Budi.

Sebelumnya, rencana penyelenggaraan acara sudah disosialisalan melalui konferensi pers yang digelar di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (06/08/2019) kemarin. Dalam keterangannya, Budi Karya mengatakan bahwa pemerintah ingin memberikan edukasi kepada masyarakat terkait nilai – nilai Pancasila.

“Kita ingin sekali memberikan pembelajaran kepada masyarakat, ya memang ini yang namanya Pancasila kan sudah menjadi budaya dan menjadi keseharian,” ujar Budi dalam jumpa pers tersebut.

Kehadiran Deddy Corbuzier sebagai moderator diharapkan mampu memberikan sentuhan kemasan yang berbeda agar dapat menarik minat para generasi milenial.

Budi Karya menjelaskan bahwa Deddy Corbuzier nantinya akan membawakan seminar tersebut secara lebih ringan agar tidak kaku dan terlalu formal.

Ada candaan-candaan ringan yang akan diselipkan dalam acara tersebut agar terkesan lebih santai dan mudah diterima milenial. (Red)