Anak Sering Mengeluh Kamar Tidurnya Terlalu Monoton? Yuk Desain Ulang Kamar Anak!

desain kamar tidur anak spiderman
desain kamar tidur anak spiderman

Rumah adalah tempat berkumpulnya semua anggota keluarga dan juga membutuhkan ruang privasinya masing-masing, termasuk anak. Memberikan anak kamar tidurnya sendiri bisa dimulai sejak dini, seperti mulai dari usia 6 tahun untuk mengajarkan mereka tentang tanggung jawab menjaga kebersihan kamarnya dan kemandirian. Tak jarang anak meminta orang tua untuk mendesain kamarnya menjadi lebih menarik agar mereka semakin betah ketika berada di kamar.

Dijamin Anak Semakin Betah di Kamar, Inilah Desain Inspirasi Cocok Untuk Anak Masa Kini!

Bukan rahasia lagi pastinya jika tiap orang tua ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya, termasuk kamar tidur. Bahkan saat ini banyak desain kamar tidur anak yang mampu merangsang kreativitasnya dan tentunya akan berpengaruh positif terhadap prestasinya. Berikut adalah beberapa desain kamar tidur anak yang bisa kita coba:

  • Tema kamar tidur bajak laut

kamar tidur tema bajak laut
kamar tidur tema bajak laut

Bajak laut adalah salah satu tema yang sering diaplikasikan ke kamar anak dan cocok untuk anak perempuan ataupun laki-laki. Kita bisa mengaplikasikan warna cat yang berhubungan dengan tema bajak laut, seperti warna biru ataupun merah. Selain itu, kita juga bisa menambahkan dekorasi bertema bajak laut seperti berbgai binatang laut. Jangan khawatir karena kita bisa  beli tempat tidur berbentuk kapal untuk membuat anak semakin nyaman di kamarnya lho!

  • Tema kamar tidur mezanine

kamar tidur tema mezanin
kamar tidur tema mezanin

Siapa bilang luas kamar anak yang terbatas akan membatasi kreativitas kita untuk mendesain kamar mereka? Justru inilah kesempatan kita untuk memanfaatkan berbagai perabotan di kamar untuk menciptakan kamar anak semakin menarik! Konsep mezanine alias memanfaatkan berbagai ruang di perabotan akan membuat kamar anak terasa lebih luas dan selalu rapi. Supaya kamar anak tidak terlalu monoton dengan warna cat tembok yang terasa polos, kita bisa menambahkan wallpaper dengan motif tertentu supaya membuat kamar terasa semakin hidup.

  • Tema kamar tidur merah muda

kamar tidur tema merah muda
kamar tidur tema merah muda

Bukan cuma tema kartun atau alam saja yang bisa kita aplikasikan pada desain kamar anak, namun juga permainan warna seperti merah muda. Memang anak perempuan lebih identik dengan warna yang cenderung muda, baik untuk warna hijau muda, biru muda, cokelat muda, dan lain-lain. Perpaduan warna-warna muda ini akan  terasa kontras jika kita memadukannya dengan warna furniture yang berwarna abu ataupun putih.

  • Tema kamar tidur lego

kamar tidur tema lego
kamar tidur tema lego

Lego adalah tema berikutnya yang bisa diaplikasikan di kamar anak laki-laki yang pastinya tidak akan membuat mereka bosan. Tema lego tentunya bukan sekedar cuma menghiasi kamar anak dengan berbagai lego namun juga pada permainan warna. Misalnya saja kita bisa memadukan warna putih merah putih yang juga identik dengan tema lego.

  • Tema kamar tidur hutan

kamar tidur tema hutan
kamar tidur tema hutan

Tema hutan bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengajarkan anak untuk mencintai alamnya, terutama sejak dini. Tema ini bukan cuma mengajarkan anak tentang pentingnya hutan di kehidupannya, namun juga menghadirkan suasana yang tenang karena warna cat yang dominan hijau. Bisa juga kita menambahkan berbagai boneka binatang untuk menciptakan nuansa jika kita benar-benar di hutan bersama mereka. Bahkan kita juga bisa pura-pura pergi kemah bersama mereka untuk membuat suasana di kamar semakin seru!

  • Tema kamar tidur racing

kamar tidur tema racing
kamar tidur tema racing

Selain bajak laut, anak juga biasanya menyukai tema yang menantang seperti tema racing. Kabar baiknya, untuk menciptakan tema racing ini pun cukup mudah mengingat banyaknya dekorasi mobil-mobilan yang bisa didapatkan di toko terdekat. Bisa juga kita mengecat langit-langit dengan warna biru muda untuk menciptakan suasana anak memang sedang berlaga di pacuan balap. Kapan lagi sih membuat anak senang dengan tema racing di kamarnya?

Memicu Kreativitas Anak Bisa Dimulai dari Mainannya Lho, Buat Sendiri Mainan Anak dari Barang Bekas Yuk!

Menarik bukan berbagai desain kamar tidur anak yang disebutkan barusan? Selain desain kamar tidur yang penuh warna, berbagai mainan juga bisa merangsang kreativitas anak lho! Kabar baiknya, mainan anak tidak selalu harus mahal bahkan kita bisa memanfaatkan berbagai barang bekas yang murah meiah. Nah berikut adalah beberapa ide mainan anak dari barang bekas yang dijamin hemat budget:

  • Botol plastik

Siapa di antara kita yang sering langsung membuang botol plastik yang sudah tidak terpakai lagi? Ternyata botol plastik ini bisa kita manfaatkan sebagai mainan anak lho! ternyata caranya pun cukup mudah, di mana kita hanya perlu menambahkan kaki dari kertas lipat, mata boneka, ataupun ekor dari tali. Tentunya boneka dari botol plastik ini akan terlihat semakin  berwarna ketika kita menggunakan kertas lipat yang berwarna pula. selain itu, kita juga bisa menggunakan botol bekas sebagai roket mainan lho! caranya pun tidak kalah mudahnya, di mana kita Cuma perlu mengecat permukaan botol dengan warna putih untuk meniru warna roket yang asli. Setelahnya, kita bisa menambahkan  roda mai nan  di sebelah sisi botol sebagai roda roket tersebut.

  • Kain perca

Kain perca adalah salah satu kain yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan karena warnanya yang lembut dan juga tersedia dalam banyak warna. Memanfaatkan kain perca pun cukup mudah karena kita hanya perlu mengguntinya menjadi beberapa potongan kecil sebagai kostum boneka. tentunya kita juga perlu menjahit pinggiran kain perca supaya lebih kuat dan tidak mudah copot.

  • Kardus kemasan

Siapa san gka jika kardus kemasan  yang sudah tidak terpakai juga bisa kita buat me njadi main an  anak? kardus ini bisa kita sekat menjadi beberapa bagian yang nantinya akan menjadi ruang dari boneka barbie anak. bisa juga kita mengolah kardus kemasan ini menjadi beragam bentuk hewan, baik kelinci, jerapah, dan lain-lain.

  • Piring kertas

Piring kertas adalah benda berikutnya yang bisa diolah menjadi mainan anak serba murah, yaitu dengan membentuk kura-kura. Proses pembuatan kura-kura kertas ini pun sangat mudah di mana kita hanya perlu mewarnai piring kertas dengan pewarna hijau kok! Kita juga bisa menambahkan garis hitam dengan spidol di piring kertas tersebut untuk membuat tempurungnya. Bisa juga kita menggunakan mata mainan dan kertas lipat sebagai kaki dari kura-kura tersebut.

  • Rol tisu

Rol  tisu adalah salah satu benda yang sering ditemukan di tempat sampah yang ternyata bisa kita sulap menjadi mainan anak yang murah meriah. Untuk anak perempuan, kita bisa membuat rol tisu ini menjadi rumah-rumahan sederhana dengan penambahan warna untuk membuatnya anti monoton. Bahan membuat rumah-rumahan pun hanya rol tisu, gunting, dan kertas warna. Kertas warna inilah yang akan kita buat menjadi daun pintu dan atapnya sehingga kita bisa segera menyatukannya dengan kerangka rumah yang sudah jadi sebelumnya.

Nah bagaimana? Pastinya sudah tidak bingung lagi kan tentang memberikan anak mainan yang menarik namun juga harganya murah? Memenuhi keinginan anak bisa dimulai dari hal kecil kok, seperti mendesain kamar jadi lebih berwarna ataupun memberikan mainan kesukaannya. So, tunggu apalagi untuk menyenangkan buah hati sekarang juga?

Related posts