Beberapa Penyebab Kepala Peyang Pada Bayi dan Cara Mengatasi Kepala Peyang

Penyebab Kepala Peyang Pada Bayi
Penyebab Kepala Peyang Pada Bayi

Kabarberita.co.id – Kepala Peyang Pada Bayi, Perlukah Saya Khawatir ? beberapa pertanyaan ini sering muncul dari orang tua yang memiliki anak bayi, Kelainan bentuk kepala pada bayi (kepala peyang atau kepala datar), dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya penutupan sutura yang lebih cepat daripada seharusnya (craniosynostosis), dapat berhubungan dengan genetik, atau posisi tidur.

craniosynostosis dapat terbagi menjadi kelainan tersendiri (nonsyndromic), maupun berhubungan dengan kelainan lainnya (syndromic), misalnya pada sindroma apert, crouzon atau pfeiffer. Salah satu contoh kelainan bentuk kepala bayi adalah deformational plagiocephaly, yang dapat disebabkan oleh salah satu posisi tidur dalam waktu lama, ataupun adanya ketegangan pada otot leher.

Penanganan untuk deformational plagiocephaly adalah dengan mengubah posisi tidur secara berkala yang merupakan terapi fisik, cara ini di maksudnya agar otot tidak mengalami ketegangan dalam waktu yang lama, dan pada beberapa kasus harus menggunakan helm khusus.

Cara lain penanganan craniosynostosis adalah dengan metode pembedahan terhadap tulang kepala dan dapat di tambah dengan penunaan helm khusus kepala

 

Pos terkait