Buah Yang Diperbolehkan Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan seuah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Terdapat 2 jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kadar glukosa merupakan kadar yang sangat penting untuk kesehatan tubuh karena kadar glukosa merupakan sumber utama energy bagi sel-sel pembentuk otot dan juga sel pembentuk jaringan tubuh.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 berbeda cara perkembangannya, tipe 1 mempunyai perkembangan yang sangat cepat sedangkan tipe 2 cenderung penderitanya tidak menyadari bahwa dirinya menderita diabetes. Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk k edalam 10 negara terbesar penderita diabetes di dunia. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya diabetes perlu lah kita melakukan berbagai cara pencegahannya.

Salah satu cara pencegahnnya yaitu dengan mengatur pola makan sehat kita. Penderita diabetes perlu mengatur makanan jangan sampe makanan yang mereka konsumsi mengandung gula yang tinggi. Meskipun buah-buahan mempunyai rasa yang manis akan tetapi beberapa jenis buah sangat baik untuk penderita diabetes karena buah-buahan mengandung berbagai nutrisi mulai dari vitamin, mineral dan juga serat.

Pada buah juga terdapat kandungan antioksidan yang mempunyai fungsi mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Meskipun buah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes akan tetapi tidak semua jenis buah baik untuk penderita diabetes.

Perhatikan kandungan yang ada pada buah karena penderita diabetes biasanya dibatasi mengonsumsi karbohidrat sebanyak 45 gram. Seimbangkan konsumsi karbohidrat dengan buah yang akan di konsumsi. Jika Anda bingung terhadap apa yang harus dikonsumsi maka konsultasikan kepada dokter Anda. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis-jenis buah untuk penderita diabetes. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Kiwi

Buah untuk penderita diabetes yang pertama yaitu kiwi. Buah kiwi merupakan salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Pada buah kiwi terdapat berbagai kandungan nutrisi seperti kalori, karbohidrat, vitamin, dll. Buah kiwi mempunyai IG (indeks glikemik) yang dapat dikatakan cukup rendah yaitu sekitar 53.

Selain itu buah kiwi juga mempunyai kandungan inositol yang kandungan yang mempunyai fungsi mengatur kadar gula dalam darah. Sedangkan kandungan antioksidan yang ada pada kiwi mempunyai kegunaan mencegah terjadinya kerusakan DNA. Selain itu pada buah kiwi terdapat kandungan potasium yang mempunyai khasiat mengatur tekanan darah dan juga mencegah terjadinya resiko penyakit jantung. Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah kiwi mempunyai kegunaan membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

  1. Buah Berry

Buah yang kedua yaitu berbagai macam buah berry. Buah berry yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes yaitu blueberry, blackbeery, strawberry dan berbagai jenis buah berry lainnya. Pada buah berry terdpaat berbagai kandungan seperti vitamin, serat dan juga antioksidan. Buah berry merupakan salah satu jenis diabetes superfood yang telah ditentukan oleh ADA (American Diabetes Association).

Buah berry mempunyai kandungan karbohidrat yang rendah yaitu sebanyak 16 gram dan juga sebanyak 62 kalori. Oleh karena itu untuk penderita diabetes jika ingin mengkonsumsi buah-buahan maka buah berry merupakan salah satu pilihan terbaik.

  • Ceri

Buah yang ketiga yaitu buah cerry. Meskipun buah ceri mempunyai rasa yang manis akan tetapi buah ceri merupakan salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan karbohidrat dan kalori pada buah ceri yaitu sebanyak 14 gram karbohidrat dan 59 kalori, kandungan tersebut untuk 12 butir buah ceri. Akan tetapi jika Anda akan mengkonsumsi buah ceri maka pilihlah buah ceri yang asam, karena buah ceri yang asam mempunyai kandungan senyawa anti inflamasi.

Selain itu pada buah ceri terdapat senyawa antosianin, senyawa tersebut mempunyai khasiat meningkatkan kadar insulin sehingga dapat membantu dalam mengontrol kadar gula yang ada dala darah. Selain buahnya daun buah ceri pun mempunyai kandungan flavonoid dan saponin yang mempunyai khasiat dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Buah Pir

Buah yang keempat yaitu buah pir. Pir merupakan salah satu buah terbaik untuk penderita diabeter karena vitamin dan serat pada buah pir dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan juga dapat membantu melancarkan proses metabolismpe pada tubuh.

Pada satu buah pir berukuran sedang terdapat sebanyak 26 gram karbohidrat dan juga 100 kalori. Pir mempunyai senyawa flavonoid yang mempunyai khasiat dalam meningkatkan tingkat sensitivitas insulin dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian perpaduan antara apel dan buah pir dapat memberikan manfaat menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes.

  • Semangka

Buah untuk penderita diabetes yang kelima yaitu buah semangka. Buah semangka mempunyai nilai IG sangat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semangka memang mempunyai rasa yang manis akan tetapi semangka aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Pada 1 cup buah semangka mempunyai kandungan karbohidrat sebanyak 11,5 gram dan kandungan terdapat 46 kalori. Rendahnya karbohidrat pada buah semangka menyebabkan buah semangka tidak akan menigkatkan kadar gula dalam darah secara cepat. Selain itu pada buah semangka terdapat karotenioid likopen yang mempunyai khasiat membantu menurunkan kadar gula darah darah.

  • Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang mempunyai nilai IG yang cukup rendah. Menurut sebuah riset menenunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi papaya secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit diabetes. Selain itu kandungan glukosa pada buah papaya sangatlah rendah.

Kandungan serat yang banyak pada buah papaya menjadikan buah papaya merupakan salah satu jenis buah yang aman untuk diet sehat penderita diabetes. Selain bermanfaat untuk penderita diabetes, pada buah papaya terdapat kandungam buah potasium yang tinggi sehingga buah papaya dipercaya dapat mengatasi resiko berbagai masalah penyakit jantung.

  • Anggur

Buah selanjutnya yaitu buah anggur. Buah anggur merupakan salah jenis buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Akan tetapi buah anggur mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dokter menyarankan untuk mengkonsumsi anggur tidak secara berlebihan yaitu hanya 12 butir dalam satu hari. Anggur yang dapat dikonsumsi yaitu anggur merah ataupun anggur hitam. Anggur merah mempunyai kandungan resveratrol yang berfungsi dalam mencegah terjadinya obesitas dan juga mencegah terjadinya komplikasi pada penyakit diabetes.

  • Jeruk

Buah untuk penderita diabetes yang ke delapan yaitu buah jeruk. Pada buah jeruk terdapat zat naringenin yang mempunyai khasiat mempertahan berat badan dan juga menigkatkan tingkat sensitivitas insulin. Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain 8 jenis buah untuk penderita diabetes tersebut masih ada beberapa buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes diantaranya yaitu apricot, buah persik, plum, tomat, dll. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes maka konsultasikan lah kepada dokter Anda. Sekian pembahasan mengenai buah untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

Related posts