Kenali Gejala Tumor Payudara Tahap Awal

Secara umum jenis tumor dibagi menjadi dua yaitu tunor jinak dan tumor ganas. Biasanya tumor ganas akan lebih memicu pada terjadinya kanker payudara. Salah satu ciri-ciri tumor payudara yaitu terdapat suatu benjolan pada sekitar payudara. Perlu diketahui bahwa tidak semua tumor bersifat kanker, tumor jinak tidak bersifat kanker meskipun begitu tumor jinak tetap perlu dilakukan berbagai tindakan agar tumor tersebut dapat mengecil dan juga hilang.

Untuk menghindari terjadinya tumor ganas yang mengarah pada kanker payudara maka Anda harus mengetahui gejala tumor payudara. Dengan mengetahui gejalanya maka Anda dapat melakukan berbagai pengobatan sejak awal sehingga tumor pun tidak akan tumbuh berkembang.

Tumor ganas payudara merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena memicu terjadinya kanker payudara. Pada saat wanita menderita kanker payudara maka sel-sel kanker akan tumbuh pada jaringan payudara. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang banyak menyerang wanita. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan pria menderita kanker payudara, perbandingan wanita dan pria yang menderita kanker payudara yaitu 1 banding 1000.

Jika kanker payudara sudah semakin parah maka salah satu solusinya yaitu dengan melakukan operasi, selain itu penderita harus melakukan kemoterapi secara rutin.

Untuk itu agar Anda terhindari dari bahayanya tumor ganas payudara berikut ini gejala tumor payudara yang wajib Anda ketahui. Simak pembahasannya berikut ini.

Tumor Payudara

Tumor merupakan sebuah penyakit dimana pertumbuhan sel terjadi secara tidak normal atau menyimpang, pertumbuhan tersebut berjalan dengan cepat dan bahkan tidak terkendali. Perkembangan sel yang tidak normal menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan-jaringan tubuh. Tumor payudara merupakan sebuah tumor yang tumbuh pada jaringan payudara.

Jaringan payudara tersebut meliputi kelenjar susu, saluran kelenjar dan jaringan penunjang. Tumor payudara terbagi menjadi dua yaitu tumor payudara jinak (non-kanker) dan tumor payudara ganas (kanker). Salah satu contoh tumor payudara jinak yaitu fibroadenoma.

Fibroadenoma biasanya terjadi pada wanita yang berusia kurang dari 30 tahun akan tetapi ada beberapa orang yang mengalami fibroadenoma dengan usia lebih dari 30 tahun. Berbeda dengan tumor ganas, tumor jinak payudara tumbuh dengan lambat dan benjolannya pun berukuran 1 hingga 2 cm. Fibroadenoma terbagi menjadi dua yaitu fibroadenoma sederhana dan kompleks.

Penderita fibroadenoma sederhana masih mempunyai bentuk payudara yang sama dengan payudara normal dan tidak mempunyai resiko terserang kanker payudara. Berbeda halnya dengan fibroadenoma sederhana, penderita fibroadenoma kompleks mempunyai peluang 2 kali lebih besar terserang kanker payudara.

Gejala Tumor Payudara

Secara umum gejala dari terjadinya tumor payudara yaitu munculnya benjolan dengan ukuran yang berbeda-beda di sekitar payudara. Benjolan yang kecil membuat penderita tidak menyadari bahwa dirinya menderita tumor payudara. Contohnya yaitu fibroadenoma sederahan penderita mengalami benjolan yang kecil yaitu sebesar kelerang.

Benjolan yang ada biasanya dapat bepindah-pindah dan bergerak. Walaupun tumor jinak tidak menyebabkan berbagai kerusakan pada bagian payudara akan tetapi jika dibiarkan mungkin saja tumor jinak tersebut dapat tumbuh menjadi tumor ganas. Beberapa orang penderita tumor jinak tidak merasakan sakit ataupun terdapat benjolan pada payudaranya sehingga perlulah kita mengetahui gejala tumor payudara. Berikut ini gejala tumor payudara yang wajib Anda ketahui, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Terdapat benjolan pada sekitar payudara

Gejala yang pertama yaitu terdapat benjolan di sekitar payudara dan juga ketiak. Jika terdapat benjolan pada sekitar payudara ataupun ketika maka Anda harus berhati-hati karena dapat saja benjolan tersebut merupakan sebuah gejala dari terjadinya tumor payudara.

Meskipun demikian tidak semua benjolan mengindikasikan terjadinya tumor payudara. Biasanya benjolan yang mengindikasikan terserangnya tumor payudara yaitu benjolan yang disertai dengan rasa yang sakit dan juga mempunyai tekstur yang keras. Dan pada beberapa kondisi benjolan tersebut dapat mengeluarkan suatu cairan.

  • Terdapat kerutan pada payudara

Ciri-ciri yang kedua yaitu terdapat kerutan pada sekita payudara, walaupun sebenarnya kerutan itu akan terjadi pada payudara wanita yang berusia lansia. Akan tetapi seseorang yang akan terindikasi tumor payudara akan terjadi kerutan pada sekitar payudaranya.

Untuk orang normal biasanya tidak akan terdapat kerutan pada sekitar payudara dan payudara cenderung mempunyai permukaan yang halus. Akan tetapi seseorang yang menderita tumor akan mengalami gejala terdapat kerutan pada permukaan payudara dan tekstur payudara pun terasa lebih kasar.

  • Bentuk dan ukuran payudara mengalami perubahan

Gejala tumor payudara yang ketiga yaitu terjadinya perubahan bentuk dan ukuran payudara. Biasanya seseorang yang menderita tumor akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran payudara, biasanya perubahan tersebut hanya terjadi pada salah satu payudara.

Selain itu gejala lainnya yaitu terjadi perubahan bentuk payudara misalkan bentuk payudara yang asalnya menonjol menjadi berubah bentuk payudara menjadi lemas dan terlihat seperti terjatuh kebawah. Jika Anda mengalami gejala terjadinya perubahan bentuk dan ukuran pada payudara Anda maka perlu di waspadai gejala tersebut. Segeralah berkonsultasi dan periksa kepada dokter.

  • Terasa nyeri pada payudara

Gejala yang keempat yaitu timbulnya rasa nyeri pada payudara. Rasa nyeri yang dirasakan yaitu seperti rasa nyeri payudara pada saat terjadi menstruasi atau pada saat hamil. Rasa nyeri tersebut akan terasa secara terus menerus akan tetapi rasa nyeri tersebut dalam beberapa waktu hilang dengan sendirinya. Untuk mengetahui apakah rasa nyeri tersebut merupakan gejala tumor maka Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan cara memegang bagian yang terasa sakit.

Setiap terasa sakit timbul peganglah bagian sakit tersebut, jika letak rasa sakit tersebut sama dengan letak sakit yang sebelumnya dirasakan maka besar kemungkinan rasa nyeri tersebut disebabkan karena terjadinya tumor payudara. Jika rasa nyeri yang dirasakan terjadi terus menerus dan rasa sakitnya tidak tertahankan maka segerlah periksa diri ke dokter.

  • Pada puting keluar cairan

Gejala yang terakhir yaitu terjadinya keluaran cairan pada bagian putting payudara. Cairan tersebut akan keluar dengan tiba-tiba bahkan pada saat Anda dalam kondisi tidak menyusui. Dari empat gejala diatas gejala ini lah yang dapat dengan mudah memastikan bahwa seseorang menderita tumor payudara.

Cairan yang keluarpun beragam mulai dari encer dan juga kental, cairan tersebut mempunyai warna bening ataupun putih. Akan tetapi perlu diperhatikan pada saat cairan yang keluar mulai berubah warna tidak berwarna putih lagi maka sudah dapat dipastikan tumor payudara yang diderita memasuki fase yang lebih serius. Maka segeralah periksa kepada dokter dan lakukan pengobatan tumor.

Setelah dibahas mengenai 4 gejala tumor payudara maka Anda perlu mewaspadai jika salah satu dari 5 gejala tersebut dirasakan oleh Anda. Selain 5 gejala tersebut ada beberapa gejala lainnya diantaranya yaitu mual, berat badan mengalmai penurunan, rasa nyeri pada bagian tulang, batuk, dll .

Segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penangan lebih awal. Sekian pembahasan mengenai gejala tumor payudara. Semoga bermanfaat.

 

Related posts