Kenali Warna Urine Anda dan Cara Pencegahannya

Arti Warna Urine dan Pencegahannya
Arti Warna Urine dan Pencegahannya

KabarBerita.co.id – Banyak orang yang belum sadar akan warna urine, padahal dalam warna urine mampu menunjukan kondisi tubuh yang saat itu dalam kondisi yang cukup cairan atau tidak. nah berikut ini adalah penjelasan dari arti warna urine dan pencegahan awal penyakit dari masalah ini.

Arti Warna Urine dan Cara Pencegahan Penyakitnya :

  • Warna Urine Bening menandakan jika kondisi cairan di dalam tubuh anda mampu terhidrasi dengan sangat baik, hal ini sangat penting mengingat jika tubuh mengalami dehidrasi yang tinggi maka bisa menimbulkan beberapa gejala awal penyakit seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan gagal ginjal.
  • Warna Urine Kuning mengindikasikan tubuh normal dan cukup cairan, tapi perlu di ingat jika anda sering berada di ruangan AC sebaiknya perbanyak minum air mineral walaupun tidak merasakan haus. hal ini untuk mencegah dehidrasi tinggi pada tubuh.
  • Warna Kuning Pucat, jika warna urine yang kamu keluarkan berwarna kucing pucat tubuh masuk dalam kategori terhidrasi dengan baik.
  • Warna Kuning Tua, jika hal ini terjadi tandanya tubuh membutuhkan asupan air lebih banyak dari biasanya. ini merupakan peringatan pertama jika tubuh butuh lebih banyak lagi cairan agar fungsi ginjal mampu bekerja dengan baik untuk membuang racun di dalam tubuh melalui urine.
  • Warna Kuning kecoklatan, pada tahap ini level tubuh sudah di katakan Dehidrasi. jika hal ini berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama maka akan berakibat buruk bagi saluran kemih.
  • Warna Orange biasanya di pengaruhi oleh hasil asupan makanan atau obat hal ini bisa jadi tanda anda harus minum lebih banyak lagi.
  • Warna Merah menandakan jika penyakit berbahaya seperti batu ginjal, atau karena konsumsi makanan atau buah berwarna merah.
  • Warna Coklat juga bisa mengindikasikan Dehidrasi atau hasil asupan makanan atau obat.

Nah setelah anda tahu arti dari warna urine hal ini bisa menjadi acuan apakah tubuh memiliki asupan cairan yang cukup atau tidak, hal ini mampu mencegah anda dari penyakit berbahaya yang bisa mengkhawatirkan jika di abaikan dalam jangka waktu lama.

Jika anda kurang yakin dengan tabel warna urine ini, cara terbaik bisa di konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih akurat lagi.

Related posts