Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat daun selada
manfaat daun selada

Halo guys, pada artikel kali ini ini kita akan membahas mengenai sebuah jenis tumbuhan yang masuk kedalam golongan sayuran yang biasanya dimakan langsung sebagai lalapan, namanya adalah Selada. Pernahkah kalian memakan selada mulai dari ujung daun hingga bagian tangkainya?

Ternyata selada punya banyak manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh lo. Mau tau apa saja khasiat dan manfaat selada bagi kesehatan tubuh? Tuk simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian

Selada merupakan jenis sayuran yang bernama latin Lactuca Sativa dan memiliki sifat akuatik maupun semiakuatik yang bisa tumbuh diperairan asli maupun perairan buatan dan termasuk kedalam golongan genus Nasturtium R. Br dari keluarga Brassicaceae.

Selada masih memiliki ikatan persaudaraan dengan beberapa jenis sayuran dalam keluarga brassicaceae lainnya seperti lobak, sawi serta wasabi. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ternyata sayuran yang memiliki bentuk yang bisa dibilang kecil dan ramping, berdaun hijau cerah dan bergelombang bentuknya serta ketika dimakan memberika rasa yang segar didalam mulut ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan jenis mineral lain. Beberapa kandungan didalam selada, diantaranya adalah :

  • Zat besi selada lebih tinggi daripada bayam
  • Kalsiumnya lebih banyak daripada susu
  • Vitamin C selada lebih banyak daripada buah jeruk
  • Setiap 100Gr selada, kalori yang dihasilkan hanya sekitar 10Gr
  • Kandungan fitonutrien alami sebagai antioksidan
  • Vitamin K untuk pembentukan dan memperkuat tulang serta mengurangi resiko kerusakan saraf di otak
  • Vitamin A (retinol) untuk Imunitas tubuh dan menghasilkan pigmen retina mata
  • Mangaan untuk co-faktor enzim antioksidan superoxide dismutase
  • Flavonoid antioksidan seperti ß karoten, zeaxanthin, dan lutein untuk mencegah penyakit kanker
  • Vitamin B kompleks seperti riboflavin, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), thiamin, dan asam pantotenat untuk memperbaiki sel metabolisme dalam tubuh
  • Protein
  • Betakaroten
  • Alkaloid
  • Asam Folat
  • Lutein, dan berbagai senyawa lainnya

Manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh

Setelah melihat begitu banyaknya zat aktif, vitamin, ataupun senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh yang terkandung didalam selada, tentunya manfaat dari selada ini juga sangatlah banyak. Nah, kami telah merangkum manfaat sel bagi kesehatan tubuh dari berbagai sumber yang kami anggap valid dan terpercaya. Beberapa manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh tersebut adalah :

  • Menurunkan Risiko Kanker dan Tumor

Dengan mengonsumsi daun selada secara rutin dan dalam jumlah yang cukup, maka tingkat risiko kanker dan tumor didalam tubuh akan dapat dihindari. Hal ini karena senyawa Phenylethyl isothiocyanate (PEITC) yang terkandung didalam daun selada memiliki sifat anti kanker dan tumor. Untuk menurunkan risiko kanker dan tumor, kamu dapat mengonsumsi 150 gram daun selada secara rutin setiap hari minimal 2-3 bulan agar proses peningkatan lutein dan betakaroten didalam tubuh meningkat.

  • Mengurangi kerusakan DNA dan Meningkatkan Imunitas

Para peneliti dari Ulser University membuktikan bahwa daun selada mampu untuk mengurangi kerusakan sel-sel darah sehingga mampu untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA serta tingkat imunitas tubuh menjadi lebih kuat karena sel-sel darah tetap terjaga dengan baik kondisinya.

Manfaat yang satu ini tentunya sangat dipengaruhi oleh beberapa senyawa ataupun zat aktif didalam selada seperti Vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan. Oleh karena itu, konsumsilah daun selada segar secara rutin minimal 3 hari sekali dengan jumlah konsumsi 100 gram untuk setiap kali konsumsinya.

  • Menurunkan Kolesterol dan berat badan

Daun selada terbukti memiliki kalori yang sangat rendah, yakni hanya sekitar 10gr kalori dari 100gr daun selada yang dimakan. Hal ini tentunya sangat baik dan bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan kolesterol ataupun menurunkan berat badan. Kamu biasa melakukan diet dengan membuat daun selada sebagai pengganti nasi.

  • Menjaga kekuatan Tulang

Didalam selada terdapat kandungan vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, daun selada sangat baik di konsumsi untuk melakukan proses pembentukan tulang dan memperkuat tulang yang rapuh. Selain itu, Vitamin K didalam selada juga dapat mengurangi risiko terkena kerusakan saraf otak (alzheimar).

  • Menjaga metabolisme

Vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat didalam daun selada juga memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh manusia, karena vitamin B kompleks tersebut dapat membantu untuk menjaga metabolisme atau kesehatan tubuh.

Selain itu, kandungan mineral selada seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan dan fosfor juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Ketika metabolisme tubuh lancar dan jantung juga sehat otomatis tekanan darah didalam tubuh akan terkontrol dengan baik, serta  agregasi platelet dapat dihambat sehingga disfungsi endotel dapat bekerja dengan baik.

  • Memperlancar pencernaan

Daun selada juga bermanfaat untuk menjaga dan memperlancar pencernaan karena kandungan klorofil selada sangat baik untuk merangsang produksi zat enzim didalam tubuh. Ketika zat enzim tersebut berfungsi dengan baik untuk menyerap berbagai nutrisi dengan baik, maka pencernaan akan semakin lancar dan tidak memiliki gangguan. Selain memperlancar pencernaan, daun selada juga berfungsi untuk memperlancar dan mempertahankan fungsi empedu didalam tubuh.

  • Mengobati diabetes

Alpha-lipoic acid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh manusia juga ditemukan didalam daun selada, sehingga ketika seseorang memakan daun selada maka senyawa Alpha-lipoic acid tersebut akan membantu untuk menurunkan kadar gula glukosa,mencegah oksidatif stres serta meningkatkan insulin. Ketika hal tersebut terjadi, maka secara otomatis neuropati perifer ataupun neuropati otonom yang ada didalam tubuh penderita diabetes akan berangsur-angsur turun sehingga diabetes juga akan menurun.

  • Menjaga kelenjar tiroid

Selada juga bermanfaat untuk menjaga kelenjar tiroid melalui kandungan yodium yang dimilikinya. Oleh sebab itu, ketika seseorang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi garam karena suatu penyakit, dokter akan menyarankan untuk memperbanyak konsumsi selada sebagai alat pemberi yodium untuk mencegah terjadinya hipotiroidisme atau gondok.

Selain itu, selada juga memiliki zat besi dan vitamin C yang berfungsi dan memiliki peran yang penting didalam produksi asam folat bagi tubuh untuk menjaga sel-sel dara merah tetap terproduksi dengan baik dan mencegah terjadinya kekurangan darah.

  • Melindungi hati

Kandungan enzim dari daun selada juga sangat baik untuk detoksifikasi racun dan melakukan perawatan ataupun pembersihan racun didalam hati, karena kandungan diuretiknya akan berusaha untuk mencegah masuknya racun, zat berbahaya dan senyawa berbahaya lain yang mungkin saja akan masuk kedalam tubuh melalui rokok, alkohol ataupun makanan yang tidak higienis.

  • Membuat tubuh awet muda

Daun selada juga terbukti mampu untuk membuat tubuh menjadi lebih awet muda karena berbagai jenis senyawa atau zat aktif yang terkandung didalamnya. Menurut penelitian, daun selada memiliki kandungan anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-bakteri untuk mengurangi berbagai macam penyakit kulit, seperti jerawat dan rosacea.

Selain itu, Vitamin A dan vitamin C akan mengurangi terjadinya garis-garis halus dan pada kulit dan wajah.Daun selada juga memiliki fungsi yang sangat baik untuk mencegal terjadinya iritasi kulit, karena dapat memberikan rasa dingin dan menyejukkan kulit.

  • Menjaga kesehatan rambut

Kandungan sulfur dan seng didalam daun selada juga terbukti mampu mencegah terjadinya infeksi bakteri yang menyebabkan kulit kepala berketombe, rambut rontok, terjadinya pertumbuhan uban yang lebih cepat dan berbagai jenis penyakit rambut dan kulit kepala lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A dari daun selada juga sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Itulah tadi beberapa manfaat daun selada yang baik baik kesehatan tubuh. Meskipun begitu banyak manfaatnya, tapi daun selada tidak baik dikonsumsi oleh anak dibawah 4 tahun dan wanita hamil karena dapat menyebabkan terjadinya keguguran janin. Selain itu, berhati hatilah ketika mengonsumsi selada jika memiliki penyakit pada ginjal dan usus. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Pos terkait