DANPUSHIDROSAL Terima Kunjungan Kepala BIG

JAKARTA , Kabarberita (10 Januari 2022 ) – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Prof. Dr.rer.nat Muh Aris Marfai, M.Sc. mengadakan kunjungan kerja ke Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).

Dalam kunjungan tersebut Kepala BIG yang didampingi beberapa staf diterima langsung oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P yang didampingi pejabat utama Pushidrosal di Anjungan Utama Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (10/01).

Kunjungan tersebut bertujuan sebagai media silaturahmi, antar kelembagaan serta untuk mempererat kerja sama antara kedua institusi yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pushidrosal menyampaikan secara umum tentang tugas, peran dan fungsi Pushidrosal, baik sebagai Kotama Ops TNI dan Kotama Bin TNI AL maupun sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, serta kiprah dan perannya sebagai representasi Pemerintah Indonesia di kancah internasional dalam bidang hidrografi, serta cakupan produk yang dihasilkan berupa peta laut, baik peta kertas maupun elektronik serta publikasi nautika guna mendukung keselamatan pelayaran.

Ditambahkannya, Pushidrosal sebagai lembaga yang memiliki fungsi dan peran di bidang hidro-oseanografi memiliki kontribusi penting pada sektor maritim di Indonesia, seperti; penyediaan peta laut untuk keselamatan navigasi pelayaran, penetapan batas maritim dengan negara tetangga, menunjang transportasi laut sebagai SLOC maupun SLOT, perikanan, pengembangan wisata bahari, mendukung operasi militer, pembangunan pelabuhan, mitigasi bencana alam, pembangunan sungai dan pesisir, serta mendukung pengelolaan sumber energi laut.

Sementara itu, Kepala BIG menyampaikan bahwa pihaknya berkeinginan untuk lebih meningkatkan kerja sama dengan Pushidrosal, terlebih kedua institusi memiliki tugas pokok yang saling bersinggungan. Pushidrosal dan BIG selama ini telah beberapa kali mengadakan kerja sama pemetaan di masa lalu diantaranya dalam survei DMRM dan MREP serta Survei Landas kontinen dan sebagainya.

Kepala BIG berharap, ke depan antara Pushidrosal dan BIG dapat mengadakan kolaborasi dalam penyelenggaraan survei Batimetri, pengembangan SDM, pertukaran data dan informasi geospasial kelautan, serta pengelolaan Pusat data dan informasi kelautan.

Kepala BIG beserta rombongan juga berkesempatan mengunjungi satuan kerja Pushidrosal, seperti; Dinas Hidrografi, Dinas Pemetaan, Indonesian Hydrographic Data Center, Dinas Produksi dan Distribusi, serta KRI Spica-934 yang sedang bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

( Shanty)

Related posts