Danpushidrosal Tutup Pertemuan NIOHC ke-21 di Bali

Bali, kabarberita.co.id – Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat secara resmi menutup pertemuan International North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) ke-21 bertempat di Hotel Hilton, Bali, Kamis (25/08/2022).

Pertemuan NIOHC ke-21 yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono pada Selasa (23/08) ini telah berlangsung selama tiga hari, 23-25 Agustus 2022 secara face to face dan online. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 16 negara anggota NIOHC di antaranya Bangladesh, Srilangka, India, Oman, Maladewa, Australia, Pakistan, Thailand, Inggris, Malaysia, Prancis, Amerika Serikat, Rusia, Mauritius, Indonesia sebagai tuan rumah, negara observer serta 4 pihak industri hidrografi dunia.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal selaku Chair NIOHC ini mengungkapkan apresiasi kepada semua peserta, yang menghadiri rapat baik langsung atau online, atas kontribusi mereka yang berharga dalam pertemuan NIOHC ke-21 tersebut, sehingga pertemuan dapat berlangsung dengan sukses.

Lebih lanjut dikatakan Danpushidrosal bahwa pertemuan NIOHC tersebut dapat saling mendorong kerjasama di bidang hidrografi dan lebih meningkatkan kolaborasi regional dalam mencapai tujuan Bersama di Kawasan Samudera Hindia Utara.

Pertemuan NIOHC ke-21 Merupakan Pertemuan Tatap Muka Pertama Sejak Merebaknya Pandemi Covid-19 Tahun 2020 Lalu. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Laksamana Madya TNI Nurhidayat (Komandan Pushidrosal) selaku Chair NIOHC dan director IHO Abri Kampfer.

Delegasi Indonesia dalam pertemuan ini diwakili oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc., Pabanops Pushidrosal Kolonel Laut (P) Dr. Oke Dwiyana P., Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Fajar Rusdianto, Kadispeta Letkol Laut (P) Agus Sutrianto, Kadishidro Kolonel Laut (P) Anom Puji Hascaryo, Kolonel Laut (P) Bambang Marwoto, serta Tiga Staf Kemenlu.

Adapun agenda dan kegiatan pertemuan ini di antaranya penyampaian National Report oleh tiap Negara Anggota NIOHC (Member dan Associate Member). Pada sesi National Report ini bertujuan untuk menyampaikan informasi perkembangan yang telah dicapai oleh Lembaga Hidrografi masing-masing negara anggota terkait.

Informasi yang disampaikan negara peserta diantaranya penyelenggaraan kemampuan survei hidrografi, kegiatan capacity building maupun kontribusi lembaga hidrografi pada bidang ruang lingkup secara nasional. Selain itu juga dibahas tentang perkembangan komite dan kelompok kerja (working group) di NIOHC yang meliputi North India Chart Coordination Working Group (NICCWG), NIOHC Capacity Building serta NIOHC Statute Working Group.

( Shanty Rd )

Pos terkait