Jamin Kedaulatan Pemetaan Di Wilayah NKRI, PUSHIDROSAL Luncurkan ENC BAND-1 Seluruh Indonesia

Jakarta, kabarberita ( 24 Januari 2022). – Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar acara peluncuran Peta Navigasi Elektronik atau Electronic Navigational Chart (ENC) kategori Band-1 Overview yang meliputi seluruh perairan NKRI yang akan didistribusikan ke seluruh dunia, Senin (24/01/2022).

Pembuatan ENC Band-1 tersebut yang dilaksanakan selama 15 Bulan oleh Dinas Pemetaan Pushidrosal telah selesai pada tanggal 24 Januari 2022. Pembuatan ENC Band-1 tersebut dilaksanakan secara bertahap mulai dari proses perencanaan, pengumpulan data dari berbagai sumber, kompilasi peta, penggambaran, verifikasi dan validasi serta harmonisasi antar sel ENC sesuai dengan standar internasional IHO S-57 dan S-58. Selain itu, digunakan Citra Satelit resolusi tinggi dan menengah untuk menjamin kualitas akurasi posisi horizontal serta deliniasi kedangkalan atau bahaya pelayaran.

Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan M.A.P., yang didampingi oleh Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. beserta pejabat utama Pushidrosal secara resmi meluncurkan ENC Band-1 tersebut sejumlah 15 sel ENC serta menyampaikan bahwa dengan telah selesainya ENC tersebut, seluruh perairan Indonesia telah terliput oleh ENC Pushidrosal yang menunjukan kedaulatan pemetaan laut di wilayah kita sendiri serta mendukung visi pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Diharapkan setelah diluncurkannya ENC Band-1 ini, selain dapat digunakan untuk keselamatan navigasi dan pelayaran bagi kapal-kapal yang akan melintas di perairan Indonesia, peta ini juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti perencanaan pembangunan kelautan di Indonesia. Penyediaan ENC merupakan tugas Pushidrosal tidak hanya mendukung visi pemerintah, mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia namun juga salah satu bentuk peran dalam mendukung program PBB yang terkait dengan Sustainable Development Goals dan Ocean Dekade 2030 di wilayah perairan Indonesia.

( Shanty )

Pos terkait