Kemenangan Buruh PT.Daya Radar Utama ( PT.DRU )

Jakarta. kabarberita.co.id – Buruh PT. Daya Radar Utama (DRU) yang tergabung dalam Serikat Buruh Pelabuhan Nusantara (SBPN) Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) berhasil memenangkan tuntutan melalui perjuangan Panjang selama satu tahun dua bulan. Pertemuan yang dilakukan Pada Jumat (01/04/22) pihak perusahaan PT.DRU yang diwakilkan oleh Steven Angga Prana, selaku Direktur utama bersedia membayarkan Rapelan.

Rapelan merupakan upah kurang bayar sesuai dengan ketentuan Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta. Upah rapelan terhitung mulai dari Januari 2016 – April 2021. Melalui surat Penetapan Pengawas Ketenagakerjaan, Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Kota Administrasi Jakarta. Melalui surat penetapan tersebut, Besar nominal yang kemudian kawan-kawan buruh dapatkan sebesar 844.631.281.

“pada saat pertemuan tersebut Pihak kami (serikat Buruh) didampingi oleh Pimpinan Pusat FBTPI, M.Haerullandri dan Agus Salim. Kemudian, Saya dengan Syukur sebagai perwakilan dari 32 orang yang terkena PHK oleh pihak Manajemen Perusahaan.” Ujar Jimmy kepada Tim Media FBTPI.

Jimmy merupakan anggota serikat SBPN yang terkena PHK sepihak oleh PT.DRU. ia juga menyebutkan, bahwa kemenangan yang di raih bukan karena kebaikan perusahaan. Menurutnya, tentu saja ini merupakan Perjuangan sulit selama satu tahun dua bulan yang ia alami.

“ini hanya Sebagian kemenangan kecil atas perjuangan Panjang dalam rangka menuntut pihak PT. DRU agar tunduk dan patuh terhadapa aturan hukum yang berlaku. ” Ujar Jimmy.

“tentu lah, kemenangan kecil yang kami rasakan adalah hasil perjuangan anggota serikat, yang perlu di catat bahwa ini bukan bentuk kedermawanan pihak perusahaan terhadap kami sebagai kelas pekerja, tapi kemenengan kecil ini, adalah hasil perlawanan kami kepada pihak perusahaan yang tidak mau patuh terhadap hukum” Lanjut Jimmy.

Selain itu, Jimmy mengungkapkan pihaknya akan bertemu lagi untuk membahas tuntutan yang belum terpenuhi oleh Pihak Manajemen DRU.

“tanggal 7 april 2022 akan ada pertemuan Kembali dengan pihak manajemen, untuk membahas penuntasan tuntutan.
Jimmy menjelaskan, ia dan kawan-kawan buruh sangat berbangga hati kepada FBTPI-KPBI, yang telah mendampingi pihaknya, dari awal kasus hingga mencium aroma kemenangan. Kemudian, Jimmy juga mengungkapkan terima kasih kepada Organisasi-Organisasi yang telah bersolidaritas, hingga kemenangan ada didepan mata.

“ Kami mewakili pengurus dan anggota PK SBPN – FBTPI PT. Daya Radar Utama menyampaikan kepada seluruh pengurusan DPP FBTPI-KPBI dan juga organisasi sekawan seperti Pemuda Pancoran, Pemuda Tambora, AKMI, Federasi Pelajar Jakarta (FIJAR), LMND-DN dan KRPI. Rasa Bangga dan hormat sebesar-besarna kepada kawan-kawan solidaritas, yang selama ini selalu mendukung perjuangan kami dan memberikan kami pembelajaran hukum dan politik. Besar harapan kami tali silahturahmi tetap terjalin dan terjaga.kami ucapkan terima kasih yang tidak ternilai harganya. Salam hormat untuk semuanya,” Tuturnya.

Bukan hanya itu, Haerullandri atau yang akrab disapa Bung Andri selaku Sekertaris Jendral (Sekjend) FBTPI. Menyerukan agar kemenangan kecil yang diraih ini tidak membuat Kelas Buruh terlena, Akan Tetapi, menurut andri, kemenangan kecil yang diraih oleh kawan-kawan buruh PT.DRU harus dijadikan landasan semangat bagi kawan-kawan buruh untuk berjuang untuk merebut apa yang menjadi hak kelas buruh.

“Kelas Buruh harus berjuang, sebab hanya dengan berjuang lah kemenangan-kemenangan itu akan semakin dekat” ucapnya.

( Shanty Rd )

Pos terkait