KKP dan TNI AL Sepakat Memperkuat Sinergi Untuk Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut

Jakarta, kabarberita.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan TNI AL sepakat memperkuat sinergi untuk menjaga kelestarian ekosistem laut. Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono saat menerima kunjungan kerja Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat di kantor Kemen KKP JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Kunjungan kerja (Kunker) Danpushidrosal ini dalam rangka meningkatkan kerjasama antara kedua institusi, yang selama ini sudah terjalin dengan baik untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

Dalam kunker tersebut, Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat didampingi Asisten Operasi Survei dan Pemetaan (Asopssurta) Pushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc, dan beberapa pejabat utama Pushidrosal. Kunjungan ini diterima langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono yang didampingi pejabat di lingkungan Kemen KKP.

Lebih lanjut Men KKP menyampaikan bahwa Kerja sama KKP dan TNI AL dalam hal ini Pushidrosal di antaranya mengenai pengaturan dan pemasangan kabel dan pipa bawah laut yang sesuai koridor, sebagaimana ditetapkan dalam Kepmen KP No 14/2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel bawah Laut. Selain itu Kolaborasi tersebut juga mencakup data kelautan hingga pembangunan wilayah pesisir menjadi lebih bersih tertata.

“Dengan kerja sama apik ini, saya optimistis kelestarian ekosistem laut dapat terjaga dan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat” tegas Menteri KKP.

Sementara itu, Danpushidrosal pada kesempatan itu menyampaikan secara umum tentang tugas pokok dan fungsi Pushidrosal yang merupakan lembaga Hidrografi nasional di bawah organisasi TNI AL. Salah satu fungsi yang terkait dengan Kelautan dan Perikanan adalah Fungsi pelayanan umum, dimana Pushidrosal sebagai penyedia resmi (official) Peta Laut Indonesia dan Publikasi Nautika untuk mendukung kelestarian lingkungan laut.

Pushidrosal sebagai timnas dalam pengaturan pipa dan kabel bawah laut, siap mendukung Kepmen KP No 14/2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel bawah Laut dan siap membantu KKP dalam daerah zona konservasi dengan mencantumkan dalam peta laut Indonesia, serta mendukung berbagi portal Dengan KKP.

( Shanty Rd )

Related posts