Prajurit Pushidrosal Isi Kuesioner Dalam Rangka Bulan Trisila 2022

Jakarta, kabar berita.co.id – Sebanyak 297 Prajurit Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) baik dari strata Perwira, Bintara serta Tamtama mengikuti pengisian Kuesioner melalui Handphone (HP) bulan Trisila 2022 bertempat di Gedung Serbaguna Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Rabu (10/08).

Kehadiran tim penilai dari Markas Besar TNI AL (Mabesal) yang dipimpin oleh Laksamana Pertama TNI Frendy Hotman S. S.E., CFrA., CHRMP., selaku Koordinator tim penilai diterima langsung oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat beserta Pejabat Utama Pushidrosal.

Danpushidrosal menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai dan berharap tim penilai dapat melaksanakan penilaian bulan Trisila di Pushidrosal sesuai dengan rencana dan dapat berjalan dengan lancar.

Dalam amanatnya, Danpushidrosal menyampaikan bahwa pembinaan karakter prajurit senantiasa berpedoman kepada Trisila TNI Angkatan Laut guna pencapaian kualitas personel Pushidrosal yang prima (profesional, Reliabel, Inovatif, Modern dan Akurat) dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

Pelaksanaan Bulan Trisila TNI AL kali ini mengangkat tema “Nilai-nilai Trisila TNI AL sebagai landasan dalam mewujudkan Prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter.” Oleh karena itu Danpushidrosal mengharapkan agar menjadikan Trisila TNI AL sebagai pedoman pola pikir, pola sikap, dan pola tindak prajurit TNI AL yang wajib dipahami, dihayati dan dilaksanakan oleh setiap personel TNI AL.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Koordinator tim penilai juga menyampaikan Trisila telah menyatu dalam setiap hembusan nafas sebagai jalan hidup dan pedoman bagi setiap prajurit TNI Angkatan Laut sejak dahulu kala. Trisila berisi tiga pedoman dasar bagi kehidupan prajurit Jalasena dimanapun berada yaitu Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer.

“Trisila telah terbukti mampu menuntun kita semua menjadi prajurit Jalasena yang profesional dan bermartabat, oleh karena itu nilai-nilai trisila harus senantiasa kita pahami, hayati, dan amalkan agar tetap lestari dalam memantapkan pemahaman dan keyakinan kita akan nilai-nilai trisila TNI Angkatan Laut, membangun sumber daya yang unggul, prajurit matra laut yang bermoral, berkarakter, militan, loyal dan profesional.” kata Kasal.

Penilaian Bulan Trisila TNI AL meliputi Uji Pembinaan Satuan (Binsat) dan Pembinaan Tradisi (Bintrad) yang terdiri dari Apel Pagi, Apel Siang, Jam Komandan, Upacara Bendera, Olahraga, Dinas Jaga, Latihan Peran Kebakaran, Peraturan Baris-berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Dalam (PDD), Peraturan Dinas Tetap (PDT) dan Tata Upacara Militer (TUM).

Selanjutnya diakhir acara dilaksanakan pengisian Kuesioner melalui Handphone (HP) Penerapan Trisila TNI AL, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengukuran kondisi penghayatan dan pengamalan Trisila TNI AL bagi para prajurit Pushidrosal.

( Shanty Rd )

Pos terkait