PT. Pertamina Drilling Service Indonesia ( PT. PDSI ) Terus Berinovasi dan Transformasi Dalam Drilling Service

Jakarta, – Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) adalah usaha Pertamina Hulu Energi ( PHE ) yang bergerak di bidang Pengeboran Minyak dan Gas. PDSI adalah perusahaan jasa yang bergerak dalam jasa pengeboran, eksplorasi, eksploitasi, workover serta Well Services minyak dan gas.

PDSI sudah ada sejak Tahun 1960 sebagai Unit Drilling Services Pertamina dan secara resmi berdiri sebagai Anak Perusahaan Pertamina pada Tahun 2008 yaitu dengan nama PT. Pertamina Drilling Service Indonesia atau yang lebih dikenal dengan PT PDSI.

PT. PDSI mempunyai misi memberikan solusi terpadu dan berkualitas pada pengeboran, workover, dan well service, dengan cara memaksimalkan nilai tambah bagi pelanggan, pemegang saham, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya. Disamping itu PDSI juga memberikan pelayanan jasa pada eksplorasi panas bumi atau geothermal.

PT. PDSI mempunyai motto “Jujur, Tulus, Amanah, From Money and Aset Capital Into Heart Capital”. Karena PDSI sudah berpengalaman dalam bisnis ini, dan termasuk dalam pengelolaan panas bumi.

Firmansyah Arifin, VP Marketing and Development PDSI, di pameran The 46 th IPA Convention & Exhibition mempresentasikan “Energizing Capasity Through Integrated Project Management”, berikut visi dan misi PDSI.

“Visi kami adalah “to become regional leader in drilling, workover, and well service with world class standards,” tutur Firmansyah.

Menurut Firmansyah Arifin, PT.PDSI juga sudah tersebar di seluruh Indonesia. PDSI sebagai “enabler” dalam kegiatan hulu gas, bukan minyak saja, tetapi juga geothermal. PDSI pun memberikan support dan kegiatan drilling yang sukses.

Atas prestasinya, PT. PDSI meraih beberapa penghargaan, award, nasional dan internasional, misalnya dari Work Safety Organization untuk kategori bintang empat karena dinilai terbaik dalam menjamin keselamatan kerja organisasi. PDSI juga memiliki track record yang sangat bagus terkait operasional kerja, keselamatan kerja, sistem ability dan sebagainya.

Untuk mendukung dan menunjang kegiatan di atas, PT. PDSI melakukan pendekatan secara holistik. “Saat penggalian sumur, bagaimana seseorang harus bekerja dengan teliti dan tepat, termasuk menghadapi kondisi darurat,” ujar Firmansyah.

Dalam menjalankan proyek-proyeknya, PT. PDSI selalu memberikan nilai lebih (added value). Dimana proyek-proyek itu sudah dijalankan dari tahun 2013 khususnya eksploratif dan geotermal.

” Eksploratif PT. PDSI yang sedang dijalankan, berusaha sebaik mungkin memberi pelayanan yang terbaik, mulai dari preparasi hingga penggalian sumur minyak dan gas,” tutur Firmansyah.

Pekerjaan seperti ini menuntut ketelitian, juga kejujuran. Oleh karena itu, PT. PDSI memiliki visi dan misi yang patut ditaati. Sebagai perusahaan, PDSI memiliki nilai-nilai dan etika yang mengatur perilaku dalam kerja.

Ketika ditanya apa saja kelebihan PT. PDSI selain jujur teliti dan tepat waktu? Firmansyah menjawab, PDSI memberikan kepastian dan target dalam seluruh pekerjaan penggalian sumur minyak dan gas.

“Jadi, tidak saja soal pengalaman (experience) dan kapabilitas, tetapi yang paling penting dan nomor satu adalah keselamatan (safety). Terkait safety, kami pun sudah mendapatkan penghargaan bintang empat, atau peringkat satu dalam hal keselamatan kerja, selain kualitas dan manajemen. Ini adalah salah satu bukti pelayanan terbaik kami kepada klien,” tutur Firmansyah Arifin saat pameran “The 46th IPA Convention & Exhibition, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2022).

Perusahaan sudah memiliki 45 unit Land Rig 250 HP- 2000 HP, 2 Offshore Workover Rig 550 HP ini terus melakukan transformasi dan investasi, dan didukung tim yang solid dan kuat dalam melakukan inovasi untuk improvement.

“Kami mampu melakukan penggalian sumur (Wells drilling) sebanyak 200 sampai 400 sumur per tahun. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Selain itu kami juga sudah mendesain teknologi tertentu yang dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan kami kami, termasuk cyber technologi. Kami memiliki rig yang dapat berpindah tempat dimana teknologi ini hanya ada tiga di dunia, Indonesia miliki salah satunya. Rig ini bisa bergerak dari sumur ke sumur sebanyak delapan arah dan bisa berputar 360′ direction,” Firmansyah Arifin mengakhiri keteranganya kepada awak media.

( Shanty Rd)

Pos terkait