PUSHIDROSAL Gelar Sosialisasi Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Bagi Personel Militer Dan PNS

Jakarta, kabarberita.co.id – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar sosialisasi pentingnya pemeriksaan kesehatan (urikkes) bagi seluruh personel militer dan PNS Pushidrosal di Lapangan Apel Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. (23/03).

Lettu Laut (K/W) dr. Yunandia Rahmawati yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Urusan Poli Umum Balai Kesehatan Dinas Kesehatan Pushidrosal membuka kegiatan sosialisasi tersebut setelah dilaksanakannya apel pagi gabungan.

Dalam paparannya, dr. Yuna menjelaskan ada 2 jenis urikkes di Diskes TNI AL yaitu urikkes berkala atau rutin dan urikkes kemampuan tempur. Urikkes berkala atau rutin dilaksanakan setiap tahunnya satu kali, biasanya dilaksanakan antara bulan Maret sampai dengan bulan November, sedangkan jenis urikkes kemampuan tempur dilaksanakan untuk personel para ABK KRI dan pasukan Marinir yang telah melaksanakan urikkes berkala dengan hasil Stakes I atau II.

Dijelaskan pula arti pentingnya serta tahapan-tahapan dalam rangka urikkes rutin bagi personel militer dan PNS yang saat ini sedang berlangsung di Mako Pushidrosal. Menurutnya “Urikkes rutin ini dilaksanakan sebagai salah satu sarana kontrol untuk mengetahui kesehatan prajurit militer serta PNS Pushidrosal untuk melaksanakan tugas sehari-hari.” Selain itu manfaat dari urikkes itu sendiri adalah sebagai sarana deteksi dini personel, dengan melaksanakan urikkes kita dapat mengetahui kondisi kita sesungguhnya. Misalnya ditemukan gangguan atau kelainan kesehatan dengan urikkes kita akan tahu gejala penyakit apa dan bagaimana cara penanganan medisnya.

Adapun tahapan-tahapan urikkes berkala atau rutin yang dilaksanakan diantaranya yaitu pemeriksaan laboratorium meliputi tes urin dan tes darah. Dihimbau sebelum melaksanakan urikkes, setiap personel melakukan puasa dari semalam dimulai dari pukul. 22.00 wib. Untuk Tahap ke dua yaitu pemeriksaan umum diantaranya pemeriksaan thorax, pemeriksaan gerak tubuh atas dan bawah. Tahap selanjutnya dilakukan pemeriksaan telinga, mata dan gigi.

Selain penjelasan tentang urikkes, paparan dr. Yuna juga membahas tentang bagaimana menjaga kebersihan diri dalam hal ini dijelaskan 6 langkah cuci tangan yang benar. Tahap pertama adalah ratakan sabun dengan menggosok kedua telapak tangan, kedua menggosok punggung tangan dan sela-sela jari lakukan pada kedua tangan, ketiga menggosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari, ke empat gosok punggung jari kedua tangan, kelima gosok ibu jari kiri dengan diputar genggaman tangan kanan dan lakukan juga pada tangan satunya. Dan terakhir ke enam usapkan ujung kuku kanan dengan diputar ditelapak tangan kiri begitu juga sebaliknya, kemudian basuh dan dibilas.

Sosialisasi dihadiri seluruh personel militer dan PNS Pushidrosal dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

( Shanty Rd )

Related posts