SP H3I Mengintegrasikan Diri ke SP Indosat

Jakarta, KabarBerita co.id – Para Pekerja PT. Hutchison Tri Indonesia (H3I) yang tergabung dalam Serikat pekerja H3I menyatakan untuk mengintegrasikan diri melebur ke dalam Serikat Pekerja Indosat. Sekjen SP Indosat, Setiadi menjelaskan, proses pembahasan untuk melebur ke dalam Serikat Pekerja Indosat telah dilakukan sejak tahun 2021 menyusul berita Merger Indosat ooredoo dengan Hutchison Tri Indonesia. Setelah diskusi yang dimotori oleh Pandu Setiadin, Rudi Hudoyo, Ricko Hendratno dkk, maka pada tanggal 3 Januari 2022 diputuskan untuk mengintegasikan diri ke dalam Serikat Pekerja Indosat.

“Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik keinginan untuk pengintegrasian ke dalam Serikat Pekerja Indosat. Dengan Keputusan ini Serikat Pekerja Indosat menjadi satu satunya wadah pekerja di Indosat Ooredoo Hutchison yang mewakili para pekerja IOH untuk menyampaian aspirasi di dalam Hubungan Industrial, melindungi Hak Hak Pekerja dan sebagai Mitra Strategis Perusahaan,” ujar Setiadi dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Presiden Asosiasi Pekerja Indonesia (ASPEK), Mirah Sumirat menyambut baik keputusan merger dan bergabungnya dua serikat pekerja dari kedua perusahaan. Namun demikian, ia berharap keputusan bersatunya dua serikat pekerja tidak menimbulkan pemutusan hubungan kerja.

“Kami berharap untuk meniadakan adanya PHK. Kalaupun tidak bisa dihindari, ada catatan penting agar PHK dilakukan suka sama suka dan dirundingkan dengan serikat pekerja. Harapan kami agar duduk bersama apabila terjadi PHK, saya kira ini yang lebih bijak. Saya yakin manajemen sangat faham dengan hal ini dan bisa menghindari kondisi tersebut,” ungkapnya.

PKB Indosat 2021-2023 baru saja ditanda tangani pada tanggal 30 November 2021 dan disahkan oleh Pemerintah (Kementrian Ketenagakerjaan RI) pada 13 Desember 2021. PKB merupakan kesepakatan bersama antara Serikat Pekerja dengan Perusahaan yang berisi aturan aturan mengenai Hak dan Kewajiban Pekerja dan Perusahaan. Di Awal tahun 2022 ini kami akan melakukan sosialisasi PKB 2021-2023 ke seluruh Pekerja Indosat Ooredoo Hutchison.

SP Indosat juga terus melakukan rekruitmen anggota dengan mengajak para pekerja IOH (Indosat Ooredoo Hutchison) yang baru untuk melakukan pengisian form kesediaan menjadi Anggota Serikat Pekerja Indosat.

Dengan bertambahnya Anggota SP Indosat, tentunya menjadikan semakin besar Amanah yang dijalankan oleh Serikat Pekerja sebagaimana tertuang di dalam Undang Undang Serikat Pekerja RI (UU 21 tahun 2000). (my)

Related posts