Suku Dinas Jakarta Timur Gelar Perhelatan Kesenian Kabaret Komedi

Jakarta, kabarberita.co.id – Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 17.000 pulau dan 195 suku bangsa.Dari keberagaman inilah Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur memadupadankan kebudayaan Betawi dengan Jawa.

Hal ini bertujuan untuk melestarikan sekaligus mengembangkan seni budaya tersebut. Dengan cara mendukung kegiatan Battle Budaya Kabaret Komedi, Punokawan Betawi dengan lakon “Keris Penebar Petaka”

Pagelaran acara Battle Budaya Kabaret Komedi Punokawan Betawi, dalam rangka perwujudan dari Kegiatan Kesenian Terpilih Tingkat Kota Tahun 2022 pada hari Sabtu, 26 Maret 2022, berlokasi di Pusat pelatihan seni Budaya Gedung Kisam bin Jiun Jl H. Naman No.17, RT 03 RW 02, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Plt.Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur, Fadjar Haridjaja menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kolaborasi penyelenggaraan Battle Budaya Kabaret Komedi Punokawan Betawi dengan lakon “Keris Penebar Petaka” adalah Pagelaran Musik Lenong Betawi, Ketoprak Jawa Tengah dan penampilan sendratari Janoko Cakil beserta Kesatria Punokawan Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.

“Sendratari ini merupakan paradoksal dari tema “Keris Penebar Petaka” yang akan diperebutkan untuk diperjual belikan, yang pada akhirnya punokawan ini memberikan solusi penyadaran kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur oleh iming-iming yang tidak jelas, kemudian para punokawan memberikan hiburan dalam bentuk tontonan” jelas Fadjar

Lebih lanjut Fadjar juga menjelaskan bahwa melalui” Pertunjukan ini dikemas dalam bentuk Sendratari perpaduan 2 (dua) unsur budaya yaitu Jawa dan Betawi serta unsur komedi dan seni musik Lenong Betawi, dan unsur musik ketoprak Jawa”.

Kegiatan “Battle Budaya” ini diharapkan sebagai upaya mengembangkan Seni Budaya dan meningkatkan kreativitas serta kepedulian generasi muda terhadap keberlangsungan Seni Budaya dengan mengenalkan potensi seni budaya maupun karya kreasi seni pada masyarakat luas sekaligus bentuk apresiasi terhadap pelaku seni yang tampil.

“Seperti diketahui acara ini dukungan dari Sudin Kebudayaan Jakarta Timur berkolaborasi dengan Matrasnew.com, yang mana memang sudah menjadi calendar of event.

Pada tahun sebelumnya dalam suasana pandemic tahun lalu sudah menggelar acara Battle Budaya berkolaborasi dalam satu panggung antara budaya Betawi dan budaya Batak. Kali ini kami akan menampilkan kembali Batlle Budaya berkolaborasi kembali dalam satu panggung antara budaya Betawi dan Jawa,” Jelasnya.

Dengan melestarikan kebudayaan Betawi, dan memajukan Kebudayaan lainnya, Sudin kebudayaan Jakarta Timur selalu berinovasi menjembatani untuk para seniman membentuk suatu karakter bangsa ini demi cita-cita berkepribadian, berkebudayaan, kemandirian dan tangguh,” Ucap Fadjar Haridjaya.

Fadjar Haridjaya menerangkan,’ Sejauh ini dengan menggelar beberapa acara, Sudin Kebudayaan Jakarta Timur menerapkan SOP untuk mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat dan kegiatannya bersifat Streaming, pada saat ini sudah bisa menggelar acara secara langsung dengan kapasitas 75%, tentunya juga harus tetap mengikuti SOP mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat,”terangnya.

( Shanty Rd )

Pos terkait