Tingkatkan Literasi Digital, KMI dan Kemenkominfo Undang Ribuan Mahasiswa

Jakarta, KabarBerita.co.id – Kaukus Muda Indonesia (KMI) bersama Kementerian Kominfo kembali menggelar rangkaian kegiatan mensosialisasikan tentang Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital kepada ribuan mahasiswa Universitas Bahauddin Mudhary Madura (UNIBA) dan sejumlah pesantren di Kabupaten Sumenep, Sabtu (23/7/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ferdiansyah Tetrajaya (Kadiskominfo Sumenep), Prof. Dr. Ir. H . Rachmad Hidayat MM (Rektor Universitas Bahauddin Mudhary), dan Rofiqotur Rofi’ah (praktisi digital/ influencer).

Kadiskominfo Sumenep, Ferdiansyah mengatakan, selain mengerti sisi-sisi keamanan dalam berdigitalisasi, para mahasiswa UNIBA juga mampu mengedepankan nilai kebajikan dan etik dalam menggunakan digital.

“Dengan mengerti literasi digital dari sisi nilai-nilai dan keamanan, akan bisa memberi manfaat bagi pengguna digital. Sebaliknya, jika tak memahami nilai-nilai dan etik serta sisi keamanan berdigital, maka akan membawa bencana bagi pengguna,“ jelas Ferdiansyah.

Karena itu, ia mengajak kepada para civitas akademik UNIBA untuk terus menggali literasi digital sebagai bagian dari kehidupan di era revolusi industri informasi saat ini agar tergolong orang yang cakap berdigital.

Sementara itu, Rektor UNIBA Prof Rachmad Hidayat melihat bahwa indeks literasi digital masyarakat Indonesia masih berada pada level sedang dengan skor 3.49. Oleh
karena itu, ia sangat mendukung kegiatan Literasi Digital yang digelar KMI dan Kementerian Kominfo agar masyarakat Indonesia banyak mengenal dunia literasi digital. Sehingga tujuan masyarakat Indonesia cakap digital tercapai.

Sementara itu, Rofiqotur Rofi’ah selaku praktisi digital mengajak kepada para mahasiswa UNIBA agar cakap menggunakan berbagai platform digital.

Dalam pandangan Rofiqo, era digital saat ini sebagai masa anak yang lahir di era digital. Karena setiap masa ada orangnya. Setiap orang ada masanya.

“Apa yang perlu dipersiapkan mengarungi masa digital? Ya..harus terus belajar. Perbanyak literasi tentang dunia digital,” sebut Rofiqo.

Sebagai informasi, dalam rangka meningkatkan pencapaian literasi digital, Kemenkominfo menggandeng berbagai stakeholder menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat dengan berkolaborasi melalui Gerakan Nasional Literasi Digital bertema “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Ketua Umum Kaukus Muda Indonesia (KMI) Edi Homaidi menyebut, kegiatan Literasi Digital di Kabupaten Sumenep merupakan bagian dari rangkaian program nasional untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan literasi digital kepada masyarakat Indonesia.

“Sasaran kita di Madura adalah santri dan mahasiswa. Di lain tempat nanti KMI berkolaborasi dengan stakeholder lain guna menunjang program nasional menuju Indonesia Makin Cakap Digital 2022,” tutup Edi Homaidi. (*)

Related posts