TNI AL Dengan Organisasi Riset Penerbangan Dan Antariksa BRIN Tandatangani PKS Di Bidang Penginderaan Jauh Dan Hidro-Oseanografi

Jakarta, Kabarberita (12 Januari 2022 ) –  TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penelitian, Pengembangan, Pemanfaatan Data Dan Informasi, Serta Peningkatan Sumber Daya Manusia Di Bidang Penginderaan Jauh Dan Hidro-Oseanografi.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut ditandatangani oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P mewakili TNI AL dan PLT Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, di Anjungan Utama Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Rabu (12/01/2022).

Perjanjian Kerja Sama ini bertujuan untuk menyinergikan sumber daya dan kompetensi yang dimiliki oleh kedua institusi di bidang penginderaan jauh dan hidro-oseanografi, yang meliputi; pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh dari satelit maupun pesawat udara (berawak dan tanpa awak), pemanfaatan data dan informasi hidro-oseanografi, penelitian dan pengembangan bersama data dan informasi di bidang penginderaan jauh dan hidro-oseanografi, dukungan tenaga ahli dan/atau personel, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta publikasi dan diseminasi.


Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pushidrosal yang telah mengemban amanat Pemerintah RI dalam bidang Hidrogafi guna memberikan jaminan keselamatan pelayaran sekaligus mendukung kepentingan matra laut melalui penyelenggaraan survey dan pemetaan di seluruh wilayah perairan NKRI. Disamping itu, Pushidrosal sebagai wakil Pemerintah RI pada organisasi internasional bidang hidrografi dan memelihara hubungan dengan berbagai kementerian dan lembaga pemerintahan RI lainnya.


Melalui penandatanganan kerjasama tersebut, Danpushidrosal berharap dapat meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia secara bersama-sama di kedua instansi melalui kolaborasi penelitian dan pengembangan termasuk tenaga ahli, begitu juga dapat menjadi cerminan sinergitas antara TNI AL dan Organisasi Riset Penerbangan dan antariksa BRIN. Sehingga dapat turut mendukung tercapainya cita-cita dan visi kemaritiman nasional dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sementara itu, PLT Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih berharap kerja sama tersebut dapat mewujudkan keantariksaan yang lebih maju dalam pemanfaatannya melalui kolaborasi dengan Pushidrosal dan kerja sama tersebut dapat berkesinambungan serta diperluas di bidang lainnya.

Usai penandatanganan PKS, tamu dari BRIN tersebut Rombongan juga berkesempatan mengunjungi satuan kerja Pushidrosal, seperti; Dinas Hidrografi, Dinas Pemetaan, Indonesian Hydrographic Data Center, Dinas Produksi dan Distribusi, Museum Pushidrosal serta KRI Spica-934 yang sedang bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

( Shanty )

Pos terkait