Wamenaker Afriansyah Noor Resmi Membuka RAKERNAS KSBSI Tahun 2022

JAKARTA, kabarberita.co.id – Afriansyah Noor Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) hari ini resmi membuka agenda Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Konfderasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Golden Boutique Hotel Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022). Kedatangannya langsung disambut Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal KSBSI beserta jajaran Dewan Eksekutif Nasionl (DEN) KSBSI. Dan tema Kongres KSBSI tahun ini mengangkat tema ‘Kontrak Sosial Baru Memastikan Perlindungan Sosial dan Transisi Yang Adil’.

Dalam kata sambutannya, Afriansyah Noor mengatakan dirinya senang bisa hadir dalam agenda RAKERNAS KSBSI. Dia menyampaikan baru 1 bulan dilantik menjadi Wamenaker. Setelah dilantik di Istana Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkannya untuk rutin berdialog serta membangun relasi dengan serikat buruh.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada KSBSI yang telah mengundang acara pembukaan RAKERNAS KSBSI tahun 2022. Dan saya mengucapkan selamat kepada Elly Rosita Silaban Presiden KSSBSI yang terpilih sebagai chair (ketua) Presidensi Labour 20,”ucapnya.
Selain itu, Wamenaker berharap 3 hari agenda RAKERNAS yang digelar tersebut, bisa melahirkan gagasan. Serta keputusan ketenagkerjaan bermanfaat untuk buruh di Indonesia. Termasuk kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia telah mulai menurun. Namun pemerintah berharap agar semua masyarakat masih tetap waspada.
“Saya juga mendapat pesan dari ibu Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) supaya lebih intens berdialog dengan KSBSI dalam agenda sosial dialog. Supaya kedepannya bisa menciptakan hubungan industril yang lebih harmonis,” terangnya.
Berhubung kondisi pandemi semakin menurun Afriansyah Noor meminta Kemnaker dan KSBSI semakin bersinergi. Saling bergotong royong untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan program pemulihan ekonomi Indonesia.
“Saya berkomitmen untuk membuka pintu kalau kawan-kawan pengurus KSBSI ingin mengajak diskusi untuk melahirkan gagasan tenaga kerja yang terampil di era industri 4.0,” ucapnya.
Hari ini Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) resmi mengadakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) KSBSI Tahun 2022 di Golden Boutique Hotel, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022). RAKERNAS yang didakan tahun ini mengangkat tema ‘Kontrak Sosial Baru, Memastikan Perlindungan Sosial Dan Transisi Yang Adil’ dan diadakan selama 3 hari.
Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI mengatakan bahwa revolusi industri 4.0 telah melahirkan banyak teknologi terbaru. Sehingga, sebagian pekerjaan manusia diambil alih oleh teknologi. Termasuk banyak pekerja di sektor digital tidak mendapat perhatian perlindungan jaminan sosial dari pemerintah.
“Jadi, dalam agenda RAKERNAS tahun ini, KSBSI sengaja mengangkat tema kontrak sosial baru. Tujuannya untuk mendorong pemerintah segera membuat regulasi perlindungan sosial kepada pekerja digital secara lebih pasti,” ucapnya.
Elly juga meminta dukungan dan doa kepada semua tamu undangan dan peserta RAKERNAS. Karena dia telah ditunjuk pemerintah sebagai chair (ketua) Labour 20 yang tahun ini diadakan di Indonesia. Serta berharap agenda sosial dialog yang selama ini telah dijalankan pemerintah, pengusaha dan serikat buruh semakin dinamis.
“Saya juga menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pengurus KSBSI yang 2 tahun ini berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Karena tak bisa dipungkiri, wabah Corona mengakibatkan puluhan ribu anggota kita terkena dampak seperti ter-PHK dan upah mereka dipotong oleh perusahaan,” terangnya.
RAKERNAS KSBSI dihadiri Koordinator Wilayah (Korwil) KSBSI dari berbagai daerah, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh yang berafiliasi dengan KSBSI. Dan tamu undangan yang hadir daam RAKERNAS tersebut diantaranya, Hariyadi B. Sukamdani Ketua Umum APINDO, Adi Mahfudz Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan KADIN, Bismo Koordinator WSM wilayah Asia, Rekson Silaban Majelis Penasihat Organisasi (MPO) KSBSI, Stijn Sintubin Koordinator ACV/ICC wilayah Asia, Irham Ali Saifuddin perwakilan ILO Jakarta dan Timor Leste.

( Shanty Rd )

Related posts