Youtap Dukung Kemenkop UKM RI Ciptakan UMKM Kekinian Mantap Digital yang Siap Tangkap Peluang Memasuki Endemi

Jakarta, kabarberita.co.id  – Youtap mempelopori dan mengajak Gerakan UMKM Kekinian. Hadirnya UMKM Kekinian penting diinisiasi demi memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi digital di masa transisi endemi ini, salah satunya lewat adaptasi dan tranformasi entitas bisnis yang kompetitif. Hal ini seperti tertuang dalam peta jalan pengembangan UMKM Masa Depan yang diinisiasi oleh UMKM Kementerian Koperasi dan UKM RI. Mendukung pertumbuhan UMKM Kekinian, Youtap Indonesia, perusahaan penyedia platform digital yang memiliki solusi digital all-in-one bagi pelaku usaha hadir dengan evolusi solusi terbaru, Youtap POS. Pembaruan Youtap POS hadir dengan fitur lebih lengkap agar pelaku usaha dari semua level semakin mudah menjalankan usahanya, saling terkoneksi langsung dari semua tipe device HP ataupun Tablet, dan bisa menangkap peluang lebih dengan berjualan online.

Berdasarkan data internal Youtap, pandemi COVID-19 yang terjadi dua tahun terakhir menyebabkan 68% pelaku usaha mengalami kesulitan dan kemunduran yang disebabkan oleh sepinya pembeli hingga kesulitan mendapatkan stok barang. Memasuki masa pemulihan pandemi, kondisi UMKM nyatanya belum pulih sepenuhnya. Meski demikian, ada potensi besar dimana teknologi menjadi hal yang paling membantu UMKM untuk berkembang.

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin mengatakan, “Berdasarkan data internal kami, 80% UMKM terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan yg lebih baik selama masa pandemi. Bahkan, 59% yang tinggal di wilayah suburban sudah masuk ekosistem digital. Hal ini membuktikan bahwa penetrasi penggunaan digital telah memasuki berbagai daerah. Transformasi digital UMKM yang semakin berkembang inilah yang mampu menjadi potensi besar di Asia Tenggara. Dalam hal ini, Youtap memiliki peran dalam menggeliatkan transfromasi digital untuk membangun ekosistem yang penuh inovasi bagi anak bangsa. Kami mengapresiasi Youtap dan saya berharap dapat menjadi kolaborasi untuk memfasilitasi transformasi digital bagi UMKM Indonesia. Saya mengajak agar kita semua mendampingi UMKM Indonesia dalam upaya melahirkan wirausaha tangguh serta membuat program UMKM buatan dalam negeri yang mampu memasuki pasar global.”

Kesadaran pelaku usaha untuk penggunaan solusi digital juga turut mulai meningkat. Data survey Youtap menunjukkan 7 dari 10 pelaku usaha menilai penting-nya penerimaan pembayaran QRIS dan penggunaan aplikasi POS untuk perkembangan usaha. Dari hasil riset independent terakhir, Youtap juga telah berhasil meraih posisi nomor satu sebagai penyedia layanan pembayaran digital QRIS melalui POS yang diminati pelaku usaha. Bahkan pembayaran digital yang diusung Youtap juga telah meraih award dari InfoBrand sebagai Top Innovation Choice Award.

Perkembangan UMKM Kekinian dapat ditinjau lewat pertumbuhan fleksibilitas jenis usaha UMKM yang beragam hingga kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada. Lewat Youtap POS, Youtap turut mendukung pertumbuhan UMKM agar semakin mantap dalam bertransformasi digital lewat solusi digital yang hampir semua fiturnya gratis dan mudah untuk didapat.

CEO Youtap Herman Suharto mengatakan, “Kunci utama perwujudan transformasi UMKM menuju UMKM Kekinian membutuhkan pendekatan berbasis ekosistem lewat sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder, baik sektor pemerintah, pemegang kebijakan, hingga sektor privat. Youtap Indonesia sebagai teman usaha siap mendukung lahirnya UMKM Masa Depan yang diinisasi Kementerian Koperasi dan UMKM lewat berbagai inovasi dan teknologi yang kami hadirkan, sehingga target digitalisasi 30 juta UMKM di 2024 dapat terwujud”

“Dengan layanan Youtap POS, kami menjawab kebutuhan on the go para pelaku usaha, mulai pedagang pasar hingga cafe, untuk memiliki kasır digital lengkap langsung dari HP. Jika sebelumnya teknologi ini hanya dapat digunakan lewat tablet, kami berinisiatif untuk menghadirkannya dalam telepon genggam yang penggunaannya lebih membumi, sehingga fungsi menerima pembayaran tunai dan non tunai, membuat tampilan katalog produk hingga mengatur menu delivery maupun take away dapat diakses oleh para pelaku usaha mikro dan nano sekalipun. Kehadiran teknologi terbaru ini diharapkan akan melahirkan lebih banyak UMKM Kekinian yang siap beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada.” tambah Herman.

Salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi untuk mendorong adopsi solusi digital di UMKM adalah kerja sama Youtap dengan Sari Roti, produsen roti terbesar di Indonesia. Sari Roti mengapresiasi kehadiran teknologi Youtap yang mampu memodernisasi UMKM Kekinian di ekosistemnya. “Teknologi Youtap tidak hanya memberikan kemudahan dari sisi pelanggan tetapi juga membantu para hawker (sebutan bagi pedagang gerobak keliling Sari Roti) serta proses bisnis dalam ekosistem Sari Roti menjadi lebih efektif, aman serta efisien. Hal ini tentu mendorong lebih banyak hadirnya UMKM Kekinian yang berdaya karena adopsi digital yang tepat guna. Kedepannya kami akan terus memberikan berbagai kemudahan kepada pelanggan agar kami dapat terus memberikan yang terbaik bagi konsumen setia kami dalam penyediaan roti sehat dan berkualitas,” tutup Arief Alfanto, Chief Operating Officer PT Nippon Indosari Corpindo selaku produsen Sari Roti dan Sari Kue.

Youtap POS yang sekarang hadir semakin lengkap dan bisa digunakan melalui semua tipe device. Penggunaannya dari HP cukup diminati oleh pelaku usaha dengan skala bisnis mikro-kecil, yakni sebesar 45%. Berbeda dengan merchant skala menengah seperti kafe dan restoran yang lebih menyukai POS dalam bentuk tablet, yaitu sebesar 55%. Sekarang fitur nya sudah terintegrasi tidak hanya fitur kasir sampai supply chain melalui Belanja Stok, tapi juga ada pengaturan kurir Toko. Fitur ini dapat membantu pelaku usaha untuk mengatur pengiriman dari segi jangkauan area pengantaran dan harga, serta jam operasionalnya.

Dari sisi ketertarikan pelaku usaha yang mengadopsi teknologi untuk pengelolaan usaha, nyatanya angka pertumbuhannya juga cukup tinggi. Hal ini tercermin dari jumlah pertumbuhan merchant Youtap meningkat lebih dari 16% dan nilai transaksi turut bertambah mencapai 40% selama tahun berjalan 2022 (Januari hingga Juni 2022).

( Shanty Rd )

Pos terkait