Diproduksi Di Jerman, Cek Spesifikasi Dan Harga Lengkap BMW E30 Disini!

BMW M3 E30 Merah Dalam Deretan Generasi M3

BMW E30 merupakan salah satu mobil yang diproduksi di Jerman yang dianggap sebagai penerus dari generasi yang sebelumnya yaitu BMW E21 tahun 1982-1983. BMW E30 ini faktanya terus dproduksi hingga tahun 1993 dan 194 untuk pasar Eropa. Bagaimana dengan kualitasnya? Simak spesifikasi lengkapnya disini!

Bacaan Lainnya

Tentang BMW E30

BMW E30 ini dikembangkan langsung dari motorsport dimana untuk jenis pertamanya itu dikeluarkan sekitar tahun 1986. Kala itu, mobil ini dipresentasikan di IAA Frankrut sekiatra tahun 1985 dan dianggap sebagai sensasi.

BMW E30 ini dianggap sebagai kendaraan paling ikonik di line-up BMW M dan menjadi sorotan pada sejarah tersebut terhadap legendaris ini.

Fakta BMW E30

Nah selain latar belakang mengenai BMW ini, kamu juga harus memahami beberapa fakta-fakta yang ada mengenai BMW yang satu ini:

  • BMW M3 E30 pertama
  • Periode produksi sekitaran tahun 1986 hingga 1991
  • Mesin 4 silinder in-line dengan konsep kecepatan yang tinggi
  • Maximal output 200-238 hp
  • Versi jalanan dari mobil balap DTM yang paling sukses sepanjang masa

Ide BMW E30

Ide awal mengenai BMW E30 ini pada awalnya didasari pada keinginan untuk menciptakan sedan balap dengan versi jalanan yang dapat juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari serta diguanakan pada trek balap terbesar di dunia.

Cek Juga >>>  Mobil Performa Tinggi? Cek Spesifikasi Lengkap BMW M4 Disini!

Akhirnya, BMW ini meluncurkan ke garis start pada tahun 1986 dengan peraturan grup A yang mengharuskan setidaknya 5000 salinan dari mobil balap ini harus dijual dalam waktu 12 bulan agar kendaraan homologas untuk balap.

Fitur Pelengkap BMW E30

Para teknisi dari BMW motorsport ini telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik dengan melengkapi bagian dalam BMW E30 denagn sistem rem ABS dan cakram berventilasi agar memastikannya kokoh dengan suspensi dan peredam yang dirancang dengan mempertimbangakn balapan tanpa adanya pengorbanan apapun sehingga bisa digunakan juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dilengkapi dengan transmisi manual yang memancarkan bakat balap klasik sehingga pengemudi menemukan bagian gigi bawah di kiri bawah seperti yang biasa terjadi di balapan.

Mesin BMW E30

Daya mesin BMW E30 ini dilengkapi dengan mesin enam silinder atau Turbocharger. Dirancang dengan isi silinder 1,800 cc dengan bahan bakar premium serta menggunakan sistem bahan bakar Fuel Injection dengan diameter langkah 89×71 mm.

Dirancang dengan transmisi 5 kecepatan manual dan 4 kecepatan matic. Dengan torsi maksimum sebesar 145 Nm dan daya maksimum 105 Hp.

Kekuatan BMW E30

BMW E30 ini dilengkapi dengan sistem mesin yang rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah dilengkapi dengan mesin 4 silinder yang canggih dengan 2 liter 4 silinder dari seri 3 saat itu yang sepenuhnya sudah direvisi.

Fitur terbaik dari BMW ini masih dipegang oleh mesin asli yang bobotnya rendah dengan torsi tinggi serta daya tahan yang juga tinggi. Kekuatan yang dirancang pada series BMW ini termasuk untuk meningkatkan perpindahan menjadi 2,3 liter dan mengintegrasikannya dengan kepala empat katup serta teknologi dalam bentuk modifikasi dari mobil sport BMW E30 ini.

Cek Juga >>>  Cek Spesifikasi Dan Harga Terbaru BMW E60 Disini!

Performa BMW E30

BMW E30 yang luar biasa ini hadir dengan indikator Cacat Ban (TDI) yang mampu memberikan peringatan kepada pemilik kendaraan tersebut agar melakukan perbaikan terhadap ban tersebut. Hal ini tentunya juga memastikan keselamatan kendaraan bermotor yang diringkagtkan dan mencegah kerusakan ban lebih lanjut.

Hal ini dilakukan dengan mendeteksi kehilangan tekanan dengan memeriksa kecepatan dimana roda berputar dan harus diinisialisasi agar dapat berfungsi dengan baik dan benar kembali.

Dimensi BMW E30

BMW E30 ini dirancang dengan ukuran panjang 4.620 mm, lebar 1.776 mm, dan tinggi 1.460 mm dengan memuat kapasitas tempat duduk hingga 5 orang.

Sasis BMW E30

BMW E30 ini dilengkapi dengan bagian suspensi belakang yang independent, suspensi depan yang independent dengan sistem rem belakang disc, dan sistem rem depan ventilated Disc.

Desain Interior BMW E30

Fitur interior dari BMW E30 ini termasuk kedalam standar yang mudah dan seperti mobil pada umumnya yang tersedia dari AC pada bagian kabin depannya. Lalu disediakan juga power steering yang memudahkan pengemudi dalam melakukan kemudi mobil ini ketika melakukan suatu perjalanan.

Dilengkpi juga dengan fitur ABS, model jok semi bucket yang dilapisi dengan lapisan kulit baru yang hadir pada BMW E30 versi terakhir. Bagian kursi duduk dilapisi dengan kulit ultra yang akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman berada dalam mobil ini.

Desain Eksterior BMW E30

Bagian eksterior dari mobil ini sudah dilengkapi dengan bagian bumper depan yang luas kedepan dengan warna lampu mobil bagian depan yang sudah dilengkapi dengan LED. Didesain dengan gaya retro berbagai pilihan warna yang dapat anda pilih dengan mudah.

Cek Juga >>>  Tertarik Mencoba BMW 330i? Cek Spesifikasi Lengkapnya Disini!

Harga BMW E30

Untuk harga jual bekas BMW E30 ini biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 30.000.000-80.000.000 tergantung dengan kondisi mobil saat itu.

Pos terkait