Khusus Mobil Jalan Raya! Intip Spesifikasi Lengkap BMW M3 GTR Disini!

BMW M3 GTR (sumber: supercars.net)

BMW M3 GTR merupakan mobil balap yang dikembangkan oelh BMW berdasarkan M3 E46 mereka. Mobil ini berkompetisi selama musim balap 2001 dibawah tim BMW. Mari intip spesifikasi dan harga lengkapnya disini!

Bacaan Lainnya

Tentang BMW M3 GTR

BMW M3 GTR Merupakan mobil sport yang diproduksi oleh divisi BMW dengan edisi tertinggi dari seri platform BMW Seri 3 lainnya. Model BMW ini dirancang dengan gaya pemotongan dengan model sedan yang convertible.

Berdasarkan data yang ada, mesin yang digunakan mesin ini tergolong mahal dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkannya. BMW ini menyediakan banyak variasi model namun model yang paling lazim adalah model M3 GTR yang merupakan salah satu model terunik dengan peluncuran perdana pada Februari 2001.

BMW M3 ini merupakan varian balapan yang dilengkapi dengan mesin 3.997 cc V8 P60B40 dan berkapasitas 331,1 kW pada kecepatan 7.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 467,76 Nm pada 5.500 pm.

Pabrikan jerman yang menjual BMW M3 GTR ini hanya dijual dengan edisi terbatas setelah musim 2001 hanya untuk memenuhi kondisi tersebut. Lalu pada musim 2003, GTR ini dikembaliakn ke Nurburging sehingga pada tahun 2004 dan 2005 menjadi juara dan menjadi bagian 24 Hours Spa.

Cek Juga >>>  Tertarik Membeli BMW E46? Simak Spesifikasi Dan Harganya Disini Dulu!

Spesifikasi BMW M3 GTR

BMW M3 GTR ini dirancang dengan mesin 90 degree V8 dengan posisi mesin Front Longitudinal berkapasitas mesin 3.997 cc dengan diamater langkah 94 mm x 72 mm dengan rasio kompresi mencapai 12:1.

Daya maksimum yang dirancang didalamnya sebesar 331,1 kW beroutput spesifik 111,08 HP per liter dengan torsi maksimum berupa 467,76 Nm dengan rangka bodi Unit Steel yang menggunakan tipe roda BBS alloy dengan ukuran ban depan 270/65-18 Michelin.

Bagian ban belakang dirancang dengan spesifikasi yang sama dengan sistem rem depan berupa Brembo Vented Discs w/6-Pot Calipers dengan roda depan F 45,7 x 27,9 cm. Steering dilengkapi dengan rack and pinion.

Suspensi BMW M3 GTR

Untuk bagian suspensi depannya dirancang dengan MacPherson STRUTS, Sachs Tube Shocks, dan anti-roll bar. Suspensi belakang juga dilengkapi dengan Central Link w/Eibach Coil Springs, Sachs Tube Shocks, Anti-Roll Bar.

Transmisi BMW M3 GTR

BMW yang satu ini dirancang dengan sistem transmisi berupa Hewland 6-speed Manual dengan dimensi panjang 4.613 mm (181,6 inci), lebar 1.900 mm (74,8 inci), dan tinggi 1.318 mm (51,9 inci) dengan jarak sumbu roda 2.731 mm (107m inci).

Harga Jual BMW M3 GTR

BMW GTR ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 3,35 milyar hingga Rp 6,98 milyar saat pertama kalinya diluncurkan pada tahun 2001. Sementara untuk harga bekasnya dijual dengan harga sekitar Rp 835,1 juta yang biasanya disesuaikan lagi dengan kondisi mobil tersebut saat dijual.

Tata Letak BMW M3 GTR

Tata letak dari mobil bmw yang satu ini terdiri dari mesin bagian depan dengan penggerak roda belakang yang dirancang dengan berat mencapai 1120 kg.

Cek Juga >>>  Dengan Versi Performa Tinggi! Intip Spesifikasi Terbaru BMW M5 Disini!

Desain Interor BMW M3 GTR

Mobil bmw yang satu ini dilengkapi dengan berbagai desain interior terbaru seperti bagian setir yang sudah dibaluti dengan bahan kulit tertentu yang memudahkan pengemudi dalam mengendarainya. Pada bagian kursi kemudi dan penumpang biasanya dilengkapi dengan kombinasi warna yang indah dan terlihat berkelas dengan kombinasi dua warna.

Ruang kabin pengemudi dan penumpang juga sudah dirancang dengan ukuran yang lebih luas yang akan memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang kendaraan ini.

Pada bagian konsol tengahnya dilengkakapi dengan tuas yang diletakkan di bagian samping setir serta bagian speedometer dan layar sentuh yang berukuran beberapa inci.

Desain Eskterior BMW M3 GTR

Pada bagian eksteriornya dilengkapi dengan desain kombinasi dua warna metallic yang membuatnya terlihat lebih berkelas dan indah. Selain itu, dipadukan dengan roda serta velg alloy yang berukuran beberapa inci dengan suara mobil yang khas.

Pada bagian bumper depan sudah dirancang dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan yang sebelumnya dengan lampu LED dibagian depannya yang akan memberikan bantuan pencahayaan kepada para pengemudi jika berada dalam situasi yang gelap dan berkabut.

Fitur Keamanan BMW M3 GTR

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan para penumpang dan pengemudi biasanay dirancang dengan beberapa fitur keamanan seperti:

  • Anti theft device
  • Alarm mobil
  • Pengingat sabuk pengaman
  • Sensor parkir
  • Pembuka bagasi mobil
  • Air bag penumpang dan pengemudi
  • Sabuk pengaman pengemudi dan penumpang

Hiburan Dan Komunikasi

Untuk memberikan hiburan dan mempermudah sistem komunikasi dalam mobil maka BMW menyediakan sarana hiburan dan komunikasi seperti:

  • Pemutar DVD
  • Radio
  • Sambungan bluetooth
  • Layar sentuh
  • Speaker depan
  • Speaker belakang
  • CD

Pos terkait