Tips Menghemat Daya Baterai HP Saat Mudik Lebaran

tips menghemat daya baterai hp
tips menghemat daya baterai hp

KabarBerita.co.id – Cara Menghemat Baterai hp saat mudik lebaran ? Perjalanan yang panjang dan menguras waktu lebih lama, ya kira-kira seperti itulah mudik. tentunya hal ini akan membuat hp kamu kehabisan daya baterai. Pasti panik kan kalau baterai sudah low, apalagi kalau ternyata perjalanan masih jauh. Belum lagi keterbatasan alat pengisi daya baterai seperti tidak adanya power bank sampai tidak menemukan stop kontak diperjalanan.

Nah, kali ini sedikit tips untuk menghemat baterai hp kamu saat mudik yang bisa anda coba saat selama perjalanan mudik agar daya baterai ponsel kalian tidak cepat habis.

  • Mengatur Kecerahan Layar
atur kecerahan layar agar baterai tidak boros
atur kecerahan layar agar baterai tidak boros

Aturlah kecerahan layar ponsel sesuai kebutuhan agar baterai smartphone tidak cepat habis. Tingkat kecerahan layar smarthphone sangat berpengaruh terhadap penggunaan baterai smartphone. Semakin terang kecerahan layar smartphone maka akan semakin boros menghabiskan daya baterai.

  • Cek dan tutup aplikasi yang boros baterai
cek aplikasi yang bikin bateri boros
cek aplikasi yang bikin bateri boros

Banyak aplikasi yang tertanam dalam smartphone dan kadang satu dari aplikasi tersebut memakan daya konsumsi baterai paling banyak. Jika aplikasi tersebut digunakan secara menerus, makan daya dalam baterai dapat tersedot dengan cepat. Untuk itu, kamu perlu mematikan aplikasi tersebut atau tidak menggunakannya.

  • Mengaktifkan Airplane Mode
fitur air plane mode
fitur air plane mode

Selagi kamu sedang tidak membutuhkan sinyal, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat atau Airplane Mode untuk menghemat baterai. Lalu kamu bisa mematikan mode pesawat saat berada di rest area atau area yang padat penduduk, karena biasanya sinyal ada di area yang memiliki banyak penduduk. Hal menjadi salah satu cara yang efektif agar tidak menyedot daya baterai lebih banyak.

  • Fitur Power Saving
fitur power save mode
fitur power save mode

Bagi kamu yang smartphonenya sudah memiliki fitur power saving atau mode hemat daya, kamu bisa aktifkan fitu ini yang berguna dalam membatasi kemampuan ponsel dan hanya fitur yang penting saja yang dapat berjalan di latar belakang.

  • Hindari penggunaan Widgets dan Live Wallpapers
stop penggunaan widget berlebihan di hp
stop penggunaan widget berlebihan di hp

Tahukah kamu? Penggunaan animasi pada wallpaper dan widget pada layar ponsel, akan menyebabkan daya baterai yang ikut terkuras. Padahal, penggunaan fitur tersebut tidak terlalu penting untuk keadaan pada saat perjalanan mudik.

Pos terkait