Profil Elon Musk, Manusia Terkaya di Dunia Yang Baru Saja Membeli Twitter

Profil Elon Musk Orang Terkaya di Dunia yang Membeli Twitter
Profil Elon Musk Orang Terkaya di Dunia yang Membeli Twitter

Elon Musk lahir pada tanggal 28 Juni 1971 di Pretoria – Afrika Selatan, Dia adalah seorang pengusaha asal Amerika kelahiran Afrika Selatan yang mendirikan perusahaan pembayaran digital PayPal dan perusahaan SpaceX  yang bergerak di bidang pembuatan kendaraan dan pesawat ruang angkasa.

Dia juga salah satu investor serta chief executive officer dari produsen mobil listrik terkenal Tesla. Dan baru-baru ini Elon Musk berhasil mengakuisisi Twitter sepenuhnya.

Kisah Masa Muda Elon Musk

Musk lahir dari ayah yang berkebangsaan Afrika Selatan dan ibu dari Kanada. Saat muda Musk sudah menunjukan minat dan bakatnya di bidang teknologi komputer dan bisnis.

Di usianya yang menginjak 12 tahun, Musk berhasil membuat video game dan berhasil menjualnya ke salah satu perusahaan majalah komputer. Di tahun 1988, setelah mendapatkan paspor Kanada, Musk akhirnya meninggalkan Afrika Selatan karena dia tidak mau mendukung apartheid melalui wajib militer. Dan memutuskan mencari kehidupan ekonomi yang lebih baik di Amerika Serikat .

PayPal dan SpaceX

Musk muda kuliah di Queen’s University yang berada di daerah Kingston, Ontario dan pada tahun 1992 dia pindah ke University of Pennsylvania di Philadelphia, di sini dia mendapatkan gelar sarjana dalam bidang fisika dan ekonomi pada tahun 1997.

Elon Musk berencana untuk mendaftar di sekolah pascasarjana dalam bidang fisika di Stanford University di California , tetapi pada akhirnya meninggalkannya setelah hanya dua hari kuliah karena dia merasa bahwa Internet memiliki potensi lebih besar untuk mengubah masyarakat daripada bekerja di bidang fisika.

Di tahun 1995 Elon Musk akhirnya mendirikan Zip2 , sebuah perusahaan yang menyediakan peta dan direktori bisnis untuk surat kabar online. Selang 3 tahun berjalan tepatnya di tahun 1999 Zip2 akhirnya dibeli oleh produsen komputer Compaq seharga $307 juta, dan Musk kemudian mendirikan perusahaan jasa keuangan online X.com, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal PayPal, yang mengkhususkan diri dalam mentransfer uang secara online. Di Tahun 2002 Paypal akhirnya di beli oleh eBay seharga $1,5 miliar.

Pada tahun 2002 Elon Musk mendirikan Space Exploration Technologies (SpaceX) untuk membuat roket dengan harga yang terjangkau. Dua roket pertamanya adalah Falcon 1 (pertama kali diluncurkan pada tahun 2006) dan Falcon 9 yang lebih besar (pertama kali diluncurkan pada tahun 2010), yang dirancang dengan biaya jauh lebih murah daripada roket pesaing. Roket ketiga, theFalcon Heavy (pertama kali diluncurkan pada 2018), dirancang untuk membawa 117.000 pon (53.000 kg) ke orbit, hampir dua kali lipat dari pesaing terbesarnya, Delta IV Heavy dari Perusahaan Boeing, untuk sepertiga biayanya.

SpaceX telah mengumumkan penerus Falcon 9 dan Falcon Heavy: sistem Super Heavy–Starship. Tahap pertama Super Heavy akan mampu mengangkat 100.000 kg (220.000 pon) ke orbit rendah Bumi.

Payload akan menjadi Starship, pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk menyediakan transportasi cepat antara kota-kota di Bumi dan membangun pangkalan di Bulan dan Mars. SpaceX juga mengembangkan Pesawat ruang angkasa naga , yang membawa perbekalan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dragon dapat membawa sebanyak tujuh astronot, dan memiliki penerbangan berawak yang membawa astronot Doug Hurley dan Robert Behnken ke ISS pada tahun 2020.

Penerbangan uji pertama sistem Super Heavy–Starship diluncurkan pada tahun 2020. Selain menjadi CEO SpaceX , Musk juga kepala desainer dalam membangun roket Falcon, Dragon, dan Starship.

Tesla

Musk telah lama tertarik pada mobil listrik, dan pada tahun 2004 ia menjadi salah satu investor utamaTesla Motors (kemudian berganti nama menjadi Tesla), sebuah perusahaan mobil listrik yang didirikan oleh pengusaha Martin Eberhard dan Marc Tarpenning .

Pada tahun 2006 Tesla memperkenalkan mobil pertamanya, theRoadster , yang dapat menempuh jarak 245 mil (394 km) dengan sekali pengisian daya. Tidak seperti kebanyakan kendaraan listrik sebelumnya, yang menurut Musk membosankan dan tidak menarik, itu adalah mobil sport yang dapat melaju dari 0 hingga 60 mil (97 km) per jam dalam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik.

Pada tahun 2010 penawaran umum perdana perusahaan mengumpulkan sekitar $226 juta. Dua tahun kemudian Tesla memperkenalkan sedan Model S, yang diakui oleh para kritikus otomotif karena kinerja dan desainnya. Perusahaan mendapat pujian lebih lanjut untuk SUV mewah Model X-nya, yang dipasarkan pada tahun 2015. Model 3, kendaraan yang lebih murah, mulai diproduksi pada tahun 2017 dan menjadi mobil listrik terlaris sepanjang masa.

Tidak puas dengan biaya yang diproyeksikan ($68 miliar) dari sistem kereta api berkecepatan tinggi di California, Musk pada tahun 2013 mengusulkan sistem alternatif yang lebih cepat,Hyperloop, tabung pneumatik di mana pod yang membawa 28 penumpang akan menempuh jarak 350 mil (560 km) antara Los Angeles dan San Francisco dalam 35 menit dengan kecepatan tertinggi 760 mil (1.220 km) per jam, hampir kecepatan suara .
Musk juga mengklaim bahwa Hyperloop hanya akan menelan biaya $6 miliar dan, dengan rata-rata pod berangkat setiap dua menit, sistem dapat menampung enam juta orang yang melakukan perjalanan rute itu setiap tahun. Namun, dia menyatakan, antara menjalankan SpaceX dan Tesla, dia tidak bisa mencurahkan waktu sepenuhnya untuk pengembangan Hyperloop.

Twitter

Elon Musk pertama kali bergabung dengan layanan media sosial Twitter pada tahun 2009, dan akunnya di twitter dengan id @elonmusk menjadi salah satu akun paling populer di situs tersebut, dengan lebih dari 85 juta pengikut pada tahun 2022.

Baru-baru ini Elon Musk berhasil mengakuisisi pembelian saham Twitter dengan nilai Rp 648 Triliun Rupiah dan menjadikannya orang terkaya di Dunia saat ini.