Begini Penjelasan Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan

Cara Nonaktif BPJS Kesehatan
Cara Nonaktif BPJS Kesehatan

KabarBerita.co.id – Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf menjawab keluhan dan pertanyaan netizen tentang apakah bisa berhenti dari kepesertaan BPJS Kesehatan?

Dia mengungkapkan bahwa kepesertaan BPJS Kesehatan adalah wajib bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI). Oleh karena itu, tidak ada cara menonaktifkan BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan jika peserta masih hidup.

Satu-satunya cara untuk berhenti menjadi anggota BPJS Kesehatan (cara menonaktifkan BPJS Kesehatan) adalah yang bersangkutan atau peserta telah meninggal dunia atau pindah ke luar negeri.

Pindah dari mandiri ke PBI Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan.

Bagi peserta mandiri yang hanya ingin turun kelas, misalnya dari kelas I ke kelas III, Anda bisa melakukannya secara online menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Sebelumnya ada video viral yang memperlihatkan seorang wanita yang shock mendapatkan total tagihan bpjs kesehatan dengan total Rp 7.149.000. Awalnya wanita ini mengira tak bayar BPJS Mandiri akan otomatis di nonaktifkan ternyata tagihan tersebut tetap berjalan.

Pos terkait