Mudah Banget Ini Solusi STB No Signal

Solusi STB No Signal
Solusi STB No Signal

KabarBerita.co.id – Pemerintah per tanggal 2 November 2022 lalu sudah resmi menutup siaran tv analog, masyarakat yang masih ingin menikmati acara TV harus beralih menggunakan TV Digital atau harus menambah alat STB (SetUpBox) untuk bisa menangkap siaran TV digital ini.

Sebenarnya ada banyak manfaat dengan beralihnya siaran tv analog ke digital salah satunya adalah kualitas gambar yang di hasilkan oleh tv digital ini sangat jernih dan mampu menangkap banyak siaran tv, namun ternyata banyak kendala yang terjadi dalam penggunaan STB salah satunya adalah “no signal”.

Berikut merupakan solusi dari masalah STB No Signal

  • Cek Kualitas Antena

Walaupun sudah menggunakan STB bukan berarti anda tidak membutuhkan antena, seringkali orang salah kaprah mengenai hal ini. STB masih tetap membutuhkan antena untuk dapat menangkap frekuensi siaran tv digital dengan baik. beberapa kendala terjadinya No Signal di STB TV anda di sebabkan kualitas dari antena yang digunakan tidak cukup baik.

Ada beberapa pilihan antena yang bisa anda gunakan untuk dapat menikmati siaran tv digital salah satunya adalah antena PF 5000

Antena TV Digital Terbaik PF 5000
Antena TV Digital Terbaik PF 5000

Jika anda menggunakan antena outdoor jenis ini, anda bisa menikmati banyak channel tv dengan melakukan scan otomatis. dan keunggulan dari antena ini dapat menangkap sinyal dengan stabil berbeda dengan antena indoor yang hanya memiliki kemampuan terbatas.

Keunggulan lain dari antena jenis outdoor ini anda bisa bagi ke beberapa TV di rumah, jika anda memiliki beberapa unit TV di rumah anda tidak perlu menggunakan banyak antena cukup gunakan Splitter Antena TV Digital seperti contoh di bawah ini :

Splitter Antena TV Digital
Splitter Antena TV Digital
  • Scan Ulang Siaran TV Otomatis di STB

Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan melakukan scan ulang siaran TV digital secara otomatis melalui settingan STB anda, hal ini mungkin saja terjadi saat stb tidak mendapatkan sinyal secara stabil dan perlu di lakukan scan otomatis ulang.

Pastikan anda memiliki region negara “Indonesia” dan jenis pencarian “DTV” atau “DBTV” pada setting STB anda.

Scan Ulang Siaran TV Digital
Scan Ulang Siaran TV Digital
  • Cek Resolusi Setting Gambar di STB

Cek Resolusi Setting Gambar di STB Anda
Cek Resolusi Setting Gambar di STB Anda

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek setting resolusi gambar di STB anda, pada setting ini biasanya STB secara default akan tersetting otomatis, nah pada beberapa kasus setting otomatis ini memberikan resolusi yang tinggi sehingga TV anda tidak bisa menampilkan layout gambar dengan baik.

Rubah setting resolusi gambar anda ke posisi paling kecil biasanya di angka 420-720 saja untuk resolusinya, apalagi jenis tv yang digunakan adalah TV yang belum mendukung siaran digital secara langsung. perlu ada penyesuaian resolusi gambar pada stb untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak kedip-kedip atau patah-patah.

  • Reset STB ke Setelan Pabrik

Jika beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi masalah STB No Signal, cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mereset STB ke setelan pabrik, hal ini di lakukan agar setting stb kembali ke factory reset atau kembali ke awal saat pertama kali anda membeli stb. cara setting stb ke setelan pabrik ini cukup masuk ke pengaturan -> pengaturan pabrik – masukan kata sandi ” 0 0 0 0″. dalam waktu beberapa saat stb akan melakukan restart secara otomatis settingan akan kembali ke awal

Reset Setelan Pabrik STB
Reset Setelan Pabrik STB

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah STB No Signal, perlu anda ketahui juga signal siaran digital ini hasilnya bisa berbeda-beda tergantung dimana lokasi anda.

Related posts