Terbukti Ampuh Cek Tips Sukses Interview Kerja

Tips Sukses Interview Kerja
Tips Sukses Interview Kerja

KabarBerita.co.id – Dalam proses rekrutmen pekerjaan pastinya seorang pencari kerja akan melewati tahap interview kerja dimana seringkali orang gagal dalam proses ini, walaupun terlihat mudah namun faktanya proses interview kerja menjadi hal yang sangat penting terutama dalam memberikan kesan pertama bagi anda pencari kerja dalam memperkenalkan diri.

berikut ini beberapa pertanyaan yang sering di tanyakaan saat proses interview kerja, dan jawaban terbaik dari pertanyaan tersebut.

Tips Sukses Menjawab Interview Kerja

✔️ Ceritakan tentang diri anda atau Perkenalkan diri anda?

Jawaban Terbaik: Rekan-rekan harus menjawab dengan memberikan gambaran singkat tentang latar belakang, keahlian, dan mengapa kandidat tertarik dengan pekerjaan ini.

Contoh untuk freshgraduate: Saya lulusan baru dari program SDM di Universitas ABC. Saya seorang pemula yang termotivasi yang ingin memulai karir saya di bidang SDM, dan saya yakin posisi ini sangat cocok untuk saya.

Contoh untuk kandidat yang sudah experienced: Saya seorang profesional SDM yang telah bekerja di industri ini selama lima tahun. Saya seorang pekerja keras dengan pola pikir yang terus berkembang, dan saat ini saya ingin mengambil langkah berikutnya dalam karir saya.

✔️ Apa kelemahan terbesarmu?

Jawaban Terbaik: JUJUR. Selain itu kamdidat perlu memasukkan langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi kelemahan. Mengatakan kebenaran dalam sebuah wawancara sangat penting, dan itu sangat jelas ketika kandidat berbohong.

Contoh pribadi: Saya buruk dalam mengatakan tidak. Saya sering mengambil terlalu banyak proyek, yang terkadang mempengaruhi kualitas pekerjaan saya, atau saya melewatkan tenggat waktu. Saya mengelola kelemahan saya dengan membuat daftar dan secara aktif merujuk daftar ini ketika saya diminta untuk mengambil tugas baru.

✔️Apa kelebihan terbesarmu?

Jawaban Terbaik: Apa pun yang BENAR-BENAR, BENAR-BENAR kalian kuasai. Biasanya, ini adalah pertanyaan soft skill, jadi pikirkan hal-hal seperti organisasi, manajemen waktu, kepemimpinan, komunikasi, dll. Pastikan apa pun yang kamu katakan, kamu memberikan contoh spesifik.

Menurut saya pribadi, kunci dari lancar saat proses interview kerja adalah latihan dan menjawab secara jujur.

✔️Apa yang kamu lakukan jika berada dalam tekanan?

Jawaban Terbaik: Saat menghadapi kondisi tersebut, tentu saya merasa panik. Saya ambil waktu 10 menit untuk menenangkan diri. Lalu, saya segera memikirkan divisi mana saja yang harus saya hubungi untuk mendapatkan update terbaru, agar saya bisa menyelesaikan presentasi tepat waktu. Dan bisa menampilkan data yang valid dalam presentasi tersebut.

✔️Berapa ekpektasi gaji yang Anda inginkan?

Jawaban Terbaik: Berdasarkan pengalaman dan skill kerja yang saya miliki saat ini serta riset kecil yang sudah saya lakukan, saya memiliki ekspektasi gaji berkisar Rp A s.d Rp Z, nominal tersebut sifatnya masih negotiable.

✔️Apa motivasi kamu bekerja di perusahaan ini?

Jawaban Terbaik: Saya mencari tau perusahaan Bpk/Ibu dan melihat bahwa value perusahaan ini sesuai dengan value pribadi saya, jadi bekerja di sini akan membantu saya mencapai karier yang lebih baik.

Tunjukkan ketertarikan kamu dengan perusahaan. Jelaskan juga bahwa posisi yang kamu lamar sesuai dengan skill dan latar belakang pendidikan, kamu juga bisa menceritakan tentang career goals kamu.

Related posts